Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
BERITA UTAMA

Pemerintah Siapkan Rute Tanjung Selor – Penajam

Rute Tanjung Selor - Penajam akan dilelang ke perusahaan swasta.

SAMARINDA – Pemerintah melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kaltim dan Kaltara, saat ini menyiapkan rute bus umum khusus untuk menyambut ibu kota negara baru di Penajam Paser Utara (PPU). Menurut rencana, bus tersebut akan melayani rute dari Tanjung Selor (Kalimantan Utara) hingga ke Penajam Paser Utara (Kaltim).

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kaltim dan Kaltara Avi Mukti menyebutkan, jalur yang dilalui antara lain Tanjung Selor, Tanjung Redeb, Sangatta, Bontang, Samarinda, Balikpapan dan terakhir di Penajam.

“Uji coba oleh Damri sudah dilaksanakan dengan rute Samarinda ke Tanjung Selor,” sebutnya (9/5). Dari uji coba itu, survei juga sudah dilakukan untuk mengukur kepuasan pelanggan. Hasilnya, 80 persen penumpang menyatakan puas dan butuh transportasi bus ini.

Atas alasan itulah, BPTD segera mengajukan izin ke Kementerian Perhubungan untuk memperpanjang rute bus dari Tanjung Selor hingga Penajam. “Pelayanan terus disiapkan. Kami juga sudah koordinasi dengan Dinas Perhubungan Penajam,” sebutnya.

Di Balikpapan, akan disiapkan titik di Terminal Batu Ampar, sementara di Samarinda di Terminal Samarinda Seberang. Rute tersebut nantinya juga akan dilelang kepada perusahaan otobus (PO) swasta yang berminat melayani jalur ini.

BACA JUGA :  Akhmed Reza Pastikan Bantuan Lagi untuk SMKN 2 Sebulu, Kepala Sekolah: Terima Kasih

“Secara informal sudah ditawarkan ke perusahaan swasta agar mereka bersedia memberikan layanan. Umumnya mereka berminat,” katanya.

Sebab, rute Samarinda – Tanjung Redeb – Tanjung Selor saat ini okupansinya bahkan tembus 100 persen terutama saat akhir pekan. “Saat ini yang beroperasi baru 1 unit bus Damri,” sebutnya.

Bagi penumpang, kehadiran bus ini tentu akan membuat tarif lebih terjangkau karena Samarinda sampai Tanjung Selor hanya dipatok Rp 270 ribu.

Sementara itu, Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan (Irjen Kemenhub) Gede Pasek saat meninjau arus mudik di Samarinda beberapa waktu lalu mengakui, langsung koordinasi dengan jajaran direksi Damri.

“Tentunya usulan penambahan unit bus itu harus dievaluasi dan akan menjadi perhatian jajaran direksi,” tegasnya. (*)

Facebook Comments Box

Related posts