Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
PENDIDIKAN UMUM

Samarinda Jadi Tuan Rumah MTQ ke-43 Tingkat Provinsi, Samarinda Optimis Juara Umum

Kompak.id, Samarinda – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-43 tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dibuka. Ditandai dengan pawai Ta’aruf (perkenalan) yang digelar di depan Sekretariat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltim, Jalan Kesuma Bangsa, pada Senin (23/05/2022). Gubernur Kalimantan Timur melalui (Plt) Asisten Pemerintahan dan Kesra Deni Sutrisno membuka Pawai Ta’aruf MTQ ke-43 Tingkat Provinsi di Kota Samarinda.

Pawai tersebut merupakan rangkaian dalam pelaksanaan MTQ di Tahun 2022 pada tingkat provinsi. Yang diikuti oleh 22 peserta yang beriring-iringan menggunakan kendaraan, berunjuk diri di depan panggung acara.

Wali Kota Samarinda, H Andi Harun mengatakan, Kota Samarinda sebagai tuan rumah dan telah digarisbawahi bahwa terdapat tiga sukses yang pihaknya usung. Pertama, Sukses Samarinda jadi tuan rumah yang baik memberi pelayanan kepada semua peserta dengan sebaik-baiknya dari semua aspek.

“Kita maksimalkan memberikan pelayanan kepada seluruh peserta termasuk semua kafilah.  Kita juga mempersiapkan tim teknis LO kemudian sarana penunjang serta support dari tenaga kesehatan,” ujar Andi.

Kedua, Sukses Ekonomi. Harapannya, MTQ ke-43 dapat memberikan dampak positif kepada UMKM di Kota Samarinda. Pasalnya, kota yang dipimpin Andi Harun ini menjadi tempat berkumpulnya seluruh peserta kafilah hingga tanggal 29 Mei 2022.

“Mudah-mudahan ini bisa memberi dampak atas berkumpulnya begitu banyak peserta kafilah dan tim Samarinda kepada UMKM kita,” ungkap Andi.

Ketiga, Sukes siar yaitu berharap dengan MTQ ini generasi Qurani cinta terhadap Al-Qur’an untuk benar-benar bisa memberikan resonansi kepada seluruh generasi muda.

BACA JUGA :  Mengenal SMAN 2 Kota Bangun, Sekolah Berprestasi

“Ini agar mereka dan semua bisa menjadikan Al-Qur’an mulai dari dibaca, dipahami, diamalkan dan bahkan Al-Qur’an bisa dijadikan pedoman bagi generasi selama-lamanya,” harapnya.

Andi mengungkap, terlaksananya agenda kafilah juga sebetulnya dibungkus dengan target yang sangat besar yaitu menjadi juara umum, sehingga persiapan demi persiapan telah dilakukan sejak lama. Tentu ini tidak mudah sambung Andi, karena sejumlah kabupaten/kota pastinya juga mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

“Ikhtiar sudah kita lakukan mohon doanya semua semoga Samarinda tidak hanya sukses jadi tuan rumah tapi juga sukses mengusung harapan yang sudah dinantikan oleh seluruh warga Samarinda untuk jadi juara umum di MTQ ke-43,” jelasnya.

Mantan Wakil Ketua DPRD Kaltim ini juga memastikan seluruh bidang lomba telah diikuti para kafilah yang telah diseleksi sebelumnya, mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga kota. Kafilah juga diikuti ratusan peserta dari kabupaten/kota di Kaltim. Penginapannya tersebar diberbagai hotel di Kota Samarinda.

“Namun yang pasti semua bidang yang dilombakan kita ikuti semua dan melihat persiapan yang sangat panjang hingga training center pemusatan latihan bagi kafilah Samarinda kami optimis untuk bisa meraih juara umum,” ujar orang nomor satu di Samarinda itu.

Untuk diketahui hampir seluruh kabupaten kota di Kaltim diketahui, turut berpartisipasi dalam gelaran MTQ ke-43 ini.

“Ikut, kecuali Mahulu. Terakhir kami masih menunggu kabar dari mereka,” tutupnya (Oke)

Facebook Comments Box

Related posts