Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
BERITA UTAMA NASIONAL OLAH RAGA

Kejuaraan Nasional Catur 2023, Atlet Kalimantan Timur Raih 3 Medali

Angel Ruth Nugroho (Jateng) Vs Chelsie Monica Sihite (Kaltim).

Kompak.id, Jakarta – Dalam Kejuaraan Nasional Catur ke-49 yang digelar sejak Senin (13/3) sampai dengan Minggu (19/3) di JIEXPO Kemayoran Jakarta, atlet Kalimantan Timur meraih dua medali emas dan satu medali perak. Dua medali emas itu berhasil dikumpulkan oleh atlet catur asal Kalimantan Timur, Chelsie Monica dan Cherisa Divina Wijaya, Sabtu (18/3/2023) di Jakarta.

Atlet asal Balikpapan itu memang tercatat sebagai ratu catur kilat Indonesia dari kategori senior putri. Dalam babak yang menentukan, WIM Chelsie Monica Sihite sempat tegelicir di ronde terakhir, kalah dari Angel Ruth Nugroho atlet dari Jawa Tengah. Alhasil dia tetap menjadi juara nomor catur kilat di Kejuaraan Nasional Catur 2023. Akhirnya Angel Ruth Nugroho dari Jawa Tengah dan WFM Retno Wijayanti asal Jawa Timur berada di bawah Chelsea.

Dari tingkat klasemen akhir, Chelsie Monica Sihite, Angel Ruth Nugroho dan Retno Wijayanti memiliki poin sama 6/7. Namun, pada TB 3, Chelsea unggul setengah poin 32,5-32 atas Angel dan berhak Juara Catur Kilat Kejurnas ke-49. IM Azarya Jodi Setyaki dari DKI Jakarta dan WIM Chelsie Monica Sihite menjadi juara catur kilat Kejurnas Catur ke-49.

Kemudian Cherisa Divina Wijaya, untuk catur cepat, kategri junior Putri D juga meraih medali emas. Tidak hanya itu, untuk kategori catur klasik, Cherisa Divina Wijaya meraih medali perak. Dalam catur klasik kelompok umur 13 tahun ini, medali emas diraih WNM Zilla Altofun Nisa dari Sulawesi Tengah disusul Cherisha Divina Wijaya dan Isna Khoirunnisa dari Jawa Tengah di posisi tiga.

BACA JUGA :  Kerusakan Ratusan Juta Rupiah, Reza Fachlevi Tinjau SMKN 2 Sebulu

Ketua Pengprov Percasi Kalimantan Timur, Akhmed Reza Fachlevi mengakui hasil para atlet Kalimantan Timur sudah cukup maksimal dalam berjuang di kompetisi. Dalam kompetisi yang ketat itu, dua medali emas tidak mudah diraih. Dengan begitu, ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh atlet yang telah bertanding dengan sangat baik.

“Seluruh atlet kita sudah berjuang maksimal, yang belum memperoleh medali atau prestasi saya yakin masih ada kesempatan selanjutnya. Untuk peraih medali Chelsie Monica Sihite dan Cherisha Divina Wijaya kami ucapkan selamat dan terima kasih telah membawa nama baik Kalimantan Timur,” ungkap Akhmed Reza Fachlevi yang juga Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Timur.

Dalam Kejurnas kali ini, PB Percasi selain mengagendakan catur standar, juga menggelar catur kilat dan catur cepat. Catur kilat masing-masing pemain diberikan waktu 3 menit plus 2 detik sampai selesai sedangkan catur cepat 15 menit plus 10 detik sampai pertandingan berakhir. (*)

Related posts