Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
PEMKOT SAMARINDA

Diskominfo Samarinda Presentasikan Kinerja

Kompakid, Samarinda – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Samarinda telah melakukan presentasi kinerja yang telah dilakukan selama ini. Paparan kinerja disampaikan secara virtual di ruang Command Center, gedung Diskominfo Samarinda, Jumat (7/10/2022).

Presentasi ini merupakan proses penilaian panji keberhasilan dalam bidang informatika yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim). Penilaian rutin yang dilakukan setiap tahunnya ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pemprov Kaltim yang ke-66 tahun pada 09 Januari 2023 mendatang.

Sekretaris Diskominfo Provinsi Kaltim, Edi Hermawanto Noor saat membuka kegiatan tersebut mengatakan jika penilain panji keberhasilan dalam bidang informatika ini dilakukan lebih kepada untuk memotivasi pembangunan di daerah kabupaten/kota di masing-masing daerah berdasarkan penilaian yang akan dilakukan oleh Diskominfo Kaltim nantinya.

Dijelaskan, ada beberapa metode penilaian yang dilakukan pihaknya, mulai dari  pengumpulan data melalui  kuesioner  secara online yang dikirim via email. Hingga mempresentasikan terkait implementasi keberhasilan pengembangan informatika yang telah dicapai Diskominfo dalam kurun waktu 1 tahun dan dilanjutkan dengan visit ke lapangan oleh pihaknya.

“Dalam penilaian kali ini kita dibantu 2 orang tim penilai dari pakar akademisi ditambah Kepala Diskominfo Provinsi Kaltim yang nanti akan menilai capaian kemajuan yang telah diraih Diskominfo Kabupaten/kota melalui presentasi kinerja yang telah dilakukan,”ungkap dia.

Sementara, Pemkot Samarinda yang mendapat kesempatan sore itu dijelaskan oleh Plh Sekda Samarinda Sam Saimun, mengatakan  sebagaimana tertuang dalam Visi Misi Pemerintah Kota Samarinda di bawah kepemimpinan Wali Kota Samarinda Andi Harun dan Wakilnya Rusmadi, jika Program Smart City Plus menjadi program unggulan yang akan diimplementasikan.

Hal ini akunya terlihat dalam dua tahun berturut-turut Pemkot Samarinda telah berhasil menoreh panji keberhasilan dalam bidang e Goverment.

Ditambahkan Kepala Bidang Aplikasi dan Layanam e Goverment Diskominfo Samarinda, Suparmin dalam paparannya mengatakan jika Pemkot melalui Diskominfo beberapa tahun terakhir ini terus melakukan upaya percepatan transformasi digital melalui sektor pembangun infrastruktur.

Diantaranya sebut Parmin, mulai dari mengelola Data Center dan Network Operating Center (NOC) untuk memantau jaringan internet di Samarinda, pengembangan CCTV di 58 titik secara tersebar, membangun wifi untuk kawasan blank spot seperti di kawasan Berambai Samarinda Utara hingga membangun fasilitas ruang command Center sebagai ruangan 112 nantinya.

BACA JUGA :  Walikota Samarinda Resmikan SPBU Rapak Dalam

Di bidang informatika sendiri, dalam dua tahun terakhir diakuinya menunjukkan perkembangan luar biasa. Dia menjelaskan, jika Diskominfo telah berhasil mengembangkan aplikasi API (Aplication Programming Interface) yakni api.samarindakota.go.id yang dapat mengintegrasikan aplikasi-aplikasi agar bisa saling bertukar data. Salah satu contoh real yaitu aplikasi e-Kelurahan yang bisa dimanfaatkan dan juga terintegrasi dengan data base dalam satu data kependudukan.

“Ditambah pengembangan website OPD termasuk 59  kelurahan, 10 kecamatan dan 26 puskesmas yang dapat diakses melalui samarindakota.go.id dalam satu tamplete,”kata Parmin didampingin Kepala Dinas Kominfo Samarinda Aji Syarif Hidayullah dan Sekretaris Diskominfo Samarinda Dian Ruhendra.

Pemkot Samarinda sambung dia, juga telah meluncurkan aplikasi Samarinda Santer (Satu Aplikasi Terintegrasi). Dimana aplikasi  tersebut sudah bisa diinstal di Playstore dan digunakan masyarakat. Dimana fitur-fitur yang tersedia di Samarinda Santer ini menurut dia merupakan representasi dari smart city plus.

“Satu diantaranya bisa mengakses reaksi cepat ke 112 dan fitur lapor serta dapat juga memantau CCTV hingga mengecek bantuan sosial dan sembako,” ucapnya.

Kini Pemkot juga tengah mengembangkan portal satu data yang bisa diakses oleh siapa pun untuk kepentingan penelitian. Selain  pengembangan Integrasi layanan public melalui satu SuperApp. Samarinda Santer yang merupakan layanan publik berbasis teknologi.

“Untuk memperolehnya masyarakat cukup menginstal aplikasinya di Google Play Store dan untuk IOS dapat melalui Safari dengan pwa.santer.app,” ungkapnya.

Sementara  Kepala Dinas Kominfo Kaltim HM Faisal menyampaikan pesan jika penilaian yang dilakukan pihaknya bukan hanya sekedar lomba untuk menjadi juara, melainkan lebih kepada sharing pengalaman juga berbagi informasi terkait pengembangan pengetahuan di bidang informatika kabupaten kota.

“Ada beberapa kegiatan yang kami belum miliki tetapi di kabupaten kota sudah ada. Disini pentingnya sharing tadi. Sedangkan untuk  hasil penilaian presentasi hari ini akan kita pilih tiga terbaik dan selanjutnya tim penilai akan kembali mengunjungi ke lokasi Dinas bapak ibu sekalian untuk melihat secara langsung implementasinya,” kata Faisal. (Adv)

Facebook Comments Box

Related posts