Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
PEMKOT SAMARINDA

Pemkot Samarinda Miliki Dashboard Portal Data  

Kompak.id, Samarinda – Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda melalui  Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Samarinda lakukan Expose Dashboard Executive Portal satu Data Samarinda di ruang rapat Mangkupelas kantor Balai Kota Samarinda, Rabu (5/10/2022).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda Aji Syarif Hidayatullah menyampaikan,   peran Dinas Kominfo pada satu data sebagai wali daerah yang bertugas mengumpulkan, memeriksa dan menyebar luaskan data serta mengevaluasi pengisian data dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di kota Samarinda.

Data yang telah di input oleh OPD kedalam  aplikasi satu data Samarinda saat ini telah dikembangkan dengan berbasis Web dan mobile menunjang program prioritas  Walikota Samarinda yaitu menjadikan Kota Samarinda smart city plus.

“Segala pelayanan publik harus berbasis digital agar seluruh masyarakat dapat mengakses apapun dengan mudah, dimana dan kapanpun,” ucap Dayat sapaan akrab kadis Kominfo.

Dayat juga meyampaikan, saat ini Dinas Kominfo telah mempunyai ruang data yang mana kegunaannya untuk menginput data,  ekspose data dan juga klinik data untuk konsultasi dari admin data semua OPD se kota samarinda dan  data  ini juga telah terintegrasi ke portal data Indonesia yang dikelola Bapenas,” tambahnya.

Usai melakukan Ekspos  Executive portal satu data, Walikota Samarinda Andi Harun mengatakan Indonesia pada saat ini masuk pada Era Society 5.0 yang mempersyaratkan tiga kemampuan utama yang perlu dimiliki setiap individu, yaitu: creativity, critical thinking, communication and collaboration. Indonesia pada saat ini masuk pada Era Society 5.0 yang mempersyaratkan tiga kemampuan utama yang perlu dimiliki setiap individu, yaitu: creativity, critical thinking, communication and collaboration.

BACA JUGA :  Muslimin: Atlet Samarinda Terbaik di Kaltim

Sekarang ini sebagian besar informasi dari sensor wilayah fisik diakumulasikan kedalam wilayah maya, dan big data yang dianalisis oleh Artificial Intellegence (AI). Hasilnya, akan dikembalikan ke wilayah fisik untuk dimanfaatkan oleh masyarakat.

Era Society 5.0, mau tidak mau, suka tidak suka, mengharuskan kita dapat membangun talenta dan literasi  sehingga mampu mendorong masyarakat untuk bertransformasi,” tutur Andi Harun.

Lahirnya Portal Satu Data Samarinda akan menjadikan seluruh data yang diproduksi oleh OPD tersentral, sehingga memudahkan dalam mencari data terbaru semua lini sektor.

“Saya mewajibkan kepada seluruh OPD untuk aktif, dan rutin melakukan updating data agar dapat di akses oleh semua kalangan,” pinta Andi Harun.

Turut hadir assisten I Ridwan Tassa, Plt. Asisten II Sam saimun, asisten III Ali Fitri Noor, dan seluruh kepala OPD serta lurah se kota Samarinda secara Virtual. (Adv)

Facebook Comments Box

Related posts