Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
BERITA UTAMA EKONOMI DAN BISNIS

Di Samarinda, Suzuki All New Ertiga Hybrid Dibanderol Rp 290 Jutaan

Setelah pekan lalu diluncurkan di Jakarta, Suzuki All New Ertiga Hybrid, Sabtu (18/6) tadi resmi mengaspal di Samarinda.

SAMARINDA – Setelah sukses diluncurkan di Jakarta sepekan sebelumnya, Suzuki All New Ertiga yang mengusung teknologi baru yakni smart hybrid, akhirnya masuk Kaltim, Sabtu (18/6) tadi di atrium Big Mall Samarinda.

Tentu saja, momen ini menjadi sejarah baru bagi dunia otomotif Indonesia, karena Suzuki All New Ertiga Hybrid ini merupakan mobil elektrifikasi pertama khususnya untuk kelas kendaraan multiguna alias low multi purpose vehicle (LMPV).

Peluncuran mobil dengan teknologi yang disebut-sebut irit bahan bakar dan ramah lingkungan ini, sukses menarik perhatian pengunjung pusat perbelanjaan terbesar di Samarinda ini. Berbagai acara sengaja digelar untuk mewarnai peluncuran kendaraan yang dilengkapi baterai guna menghemat bahan bakar ini.

Hadir dalam peluncuran Suzuki All New Ertiga Hybrid ini Customer Service & Sales Force Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Mulyasari Wirapuspita, serta Direktur Utama PT Samekarindo Indah, Andy Anantaputra Suardana sebagai main dealer Suzuki wilayah Kaltim dan Kaltara. Acara peluncuran ini juga disaksikan Asisten Sekkot Samarinda Sugeng Chairuddin serta Kepala Dinas Kominfo Kaltim HM Faisal, dan para tamu undangan terutama para pelanggan setia Suzuki.

“Kami yakin, mobil ini akan menjadi primadona para keluarga di Kaltim dan Kaltara, karena memenuhi kebutuhan masyarakat di dua provinsi ini,” sebut Andy Anantaputra Suardana, sesaat sebelum peluncuran kendaraan ini.

Dikatakan, beragam fitur canggih yang ditanamkan mobil ini, akan meningkatkan keamanan dan kenyamanan pada pengguna All New Ertiga Hybrid. “Ini akan memberikan pengalaman baru dalam berkendara. Karena itu, kami menyebut teknologi hybrid ini untuk hari yang lebih baik,” bebernya.

Lalu teknologi hybrid seperti apa yang ditawarkan mobil pabrikan asal Jepang ini? Ternyata teknologi yang ditanamkan All New Ertiga Hybrid ini adalah perpaduan antara mesin konvensional ditambah dengan teknologi integrated starter generator (ISG) serta Lithium-Ion Battery. Dengen balutan teknologi itu, memungkinkan ISG menyimpan energi pada baterai yang ditanamkan. Energi dari baterai inilah yang kemudian dimaanfatkan untuk membantu menghemat bahan bakar. Saat mobil dalam posisi diam, misalnya di lampu merah, maka mesin akan mati. Namun semua fungsi kelistrikan akan menyala. Begitu pedal gas ditekan, maka mobil akan kembali menyala.

BACA JUGA :  Reza Hadiri Perpisahan Siswa SMA 2 Sebulu

Begitu pula saat mobil dalam akselerasi spontan, maka keberadaan baterai akan membantu menyuplai energi pada dinamo yang ikut memutar roda mobil. Dengan cara itu, konsumsi bahan bakar juga bisa direduksi.

Secara tampilan ada beberapa perubahan yang disematkan pada All New Ertiga Hybrid ini. Begitu pula untuk kebutuhan keamanan berkendara, mobil ini memiliki fitur New Cruise Control. Dengan teknologi itu, dalam kecepatan tertentu yang stabil, memungkinkan pengendara mengendalikan laju kendaraan hanya dengan jari, tanpa menekan pedal gas lagi.

Belum lagi fitur lampu yang menyala beberapa saat, untuk membantu memberikan panduan pada pengemudi yang berhenti di tempat yang memerlukan penerangan. Selain berbagai fitur canggih, total ada 11 perubahan All New Ertiga Hybrid di antaranya menggunakan New MID Mesin, New Interior Ambience color, new seat material color dan new interior ornament. Dari sisi eksterior, perubahan terlihat pada kaca spion, antena, tampilan depan, serta velg, dan sentuhan garis pada bagian belakang. Tak ketinggal tersemat tulisan hybrid pada ekor mobil.

Mobil yang mengusung mesin berkapasitas 1.500 cc ini memiliki beberapa varian. Khusus tipe GX, All New Ertiga Hybrid transmisi manual dibanderol Rp 290 juta, sedangkan untuk otomatis Rp 302 juta. Untuk tipe SS, transmisi manual dipatok Rp 308 juta, sementara untuk otomatis Rp 321 juta. Namun, bagi pelanggan Suzuki yang membeli kendaraan ini saat peluncuran, diberikan diskon khusus serta berbagai hadiah menarik. “Khusus pembelian Sabtu (18/6) hari ini, kami berikan tambahan bonus Rp4 juta,” sebut Andy.

Pada peluncuran kendaraan tersebut, para pelanggan juga diberikan kesempatan untuk melakukan uji mengemudi (test drive) di areal Big Mall Samarinda. Lagi-lagi, Suzuki memanjakan konsumen setianya. Sebab, Suzuki menyiapkan hadiah mobil Suzuki All New Ertiga Hybrid dan motor, bagi konsumen beruntung yang melakukan test drive. (*)

Facebook Comments Box

Related posts