Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
PENDIDIKAN

Undang Ketua PWI Kaltim, LPM Cakrawala Gelar Sedetik

Seminar Dasar Jurnalistik digagas LPM Cakrawala UINSI Samarinda.

SAMARINDA – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Cakrawala, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda menggelar Seminar Dasar Jurnalistik (Sedetik) di Aula Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UINSI Samarinda, Sabtu (10/9) tadi. Dua narasumber dihadirkan dalam seminar ini, masing-masing Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltim Endro S Efendi, dan Pemimpin Redaksi Kaltim Today, Ibrahim.

Dalam paparannya, Ketua PWI Kaltim, Endro S. Efendi mengajak peserta pelatihan untuk lebih banyak praktik menulis, ketimbang terlalu banyak belajar teori. “Dulu waktu belajar naik motor, langsung belajar naik motor atau mengenal aturan rambu lalu lintas dulu? Pasti langsung belajar naik motor tanpa teori kan?” ujarnya memberikan perumpamaan. Karena itu, Endro mengusulkan, berikutnya untuk pelatihan jurnalistik lebih banyak langsung praktik, dan diselingi dengan teori.

Endro juga menyampaikan seputar ketentuan UU Pers Nomor 40 Tahun 1999 tentang pers, termasuk keberadaan Dewan Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Tak ketinggalan memberikan penjelasan tentang Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA) dan UU Informasi Transaksi Elektronik (ITE) yang banyak irisannya dengan aktivitas jurnalistik.

BACA JUGA :  Bersama MUI, Dosen UINSI Ajak Masyarakat Cerdas Bermedia Sosial

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Kaltim Today, Ibrahim lebih banyak berbicara tentang manajemen pers, dari mulai susunan redaksi hingga pengelolaan media.

Pemimpin Umum LPM Cakrawala A. Indana Rahma Octaviani didampingi ketua panitia Dinda Mei Sarah berharap, seminar yang digelar ini bisa bermanfaat untuk seluruh peserta, terutama para mahasiswa UINSI.

“Kami berharap, ilmu yang didapatkan para peserta bisa bermanfaat, terutama ketika para anggota nanti ketika turun ke lapangan,” pungkasnya. (*)

Facebook Comments Box

Related posts