Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
ADVERTORIAL DINAS PENDIDIKAN KALTIM PENDIDIKAN

UAS di SMAN 8 Samarinda Gunakan Google Form

UAS di SMAN 8 Samarinda

Kompak.id, Samarinda – SMAN 8 Samarinda menggelar ujian akhir semester (UAS) bagi siswa kelas X dan XI terhitung sejak 23 Mei sampai dengan 3 Juni 2022 di Jalan Untung Suropati Kelurahan Karang Asam Ulu Kecamatan Sungai Kunjang.

Rudy Hendro Purnomo, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 8 Samarinda  mengungkapkan, ujian tahun ini masih sama seperti tahun kemarin, yakni ujian secara daring. Hanya saja teknis pelaksanaan ujian dengan tatap muka. Sehingga peserta UAS dianjurkan membawa ponsel.

“Kita gunakan sistem online, jadi memaksimalkan google form. Tidak pakai kertas lagi soalnya transformasi digital. Peserta ujian wajib bawa HP masing-masing untuk dapat soal ujian, ” ungkap Rudy Hendro Purnomo  kepada media ini, Selasa, (31/05/22).

Ia menambahkan, pesatnya teknologi dan digitalisasi mengharuskan adanya formula baru dalam belajar. Sehingga melalui platform yang ada dirasa dapat menjadi sarana baru bagi pendidikan. Pelaksanaan di lapangan, lanjut Rudy, tetap mendapat pengawasan oleh guru guna menjaga ketertiban ujian. Siswa diberi waktu 90 sampai  120 menit dengan per harinya 2 mata pelajaran (mapel).

BACA JUGA :  Arogansi Oknum Guru kepada Wartawan, PWI Kaltim Siapkan Langkah Hukum

Pembekalan dan monitoring sudah diberikan pihak sekolah. Sehingga tidak ada kendala yang terjadi selama UAS berlangsung. Hal itu sesuai dengan arahan yang diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam menerapkan pembelajaran online ketika pandemi.

“Semua terkoordinir dengan baik sesuai arahan Kemendikbud yang mencoba formula baru melalui digital. Guru-guru sangat terbantu dengan edukasi pembelajaran daring yang diberikan, ” tuturnya.

Sementara itu, Saidah Hikmah Mutia, Siswi Kelas X, mengungkapakan sarana prasarana operator sekolah memadai. Sehingga para siswa dapat menggunakan jaringan pribadi maupun wifi.

“Alhamdulillah tidak ada kendala karena ada wifi juga kalau jaringan jelek. Ini ujian kedua saya menggunakan HP, sebelumnya pas ujian kelas 3 SMP kemarin,” pungkas Saidah. (Adv/*)

Facebook Comments Box

Related posts