Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
BERITA UTAMA

Tingkatkan Kapasitas Kader, PDIP Gelar ToT

Pelatihan untuk pelatih digelar PDI Perjuangan untuk para kader pratama.

SAMARINDA – Pemilu sudah di depan mata. Partai politik mulai mempersiapkan kader-kader terbaiknya dalam percaturan politik 2024 mendatang. Itu pula yang dilakukan Dewan Pengurus Daerah (DPD) PDI Perjuangan Kaltim, yang mempersiapkan kadernya dengan menggelar Training of Trainer (ToT) Kader Pratama. Pelatihan untuk para pendidik ini digelar di Kantor Sekretariat PDI Perjuangan Kaltim, Jalan AW Sjahranie Samarinda, 16 dan 17 Juli 2022.

Hadir dalam pembukaan pelatihan, Ketua PDI Perjuangan Kaltim Drs H Safaruddin. Sementara itu hadir secara virtual, Ketua Badiklat Pusat PDI Perjuangan Daryatmo Mardiyanto, serta Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Ideologi dan Kaderisasi Drs Djarot Saiful Hidayat MS, sekaligus membuka kegiatan ini.

Dalam sambutannya melalui zoom, Djarot Saiful Hidayat menyampaikan, pelatihan ini untuk menyiapkan para calon pelatih atau guru kader, yang nantinya siap diturunkan ke masyarakat. “Kaltim merupakan provinsi kedua yang melakukan kegiatan pelatihan untuk pelatih ini,” sebutnya.

Dikatakan, materi sudah dipersiapkan dengan baik oleh tim Badan Diklat Pusat. Harapannya, ideologi partai bisa diterima masyarakat. “Partai dipersiapkan bukan sekadar untuk menang. Tapi juga berjuang melalui ideologi,” sebutnya.

Ketua PDI Perjuangan Kaltim Drs H Safaruddin berharap, melalui pelatihan ini bisa memberikan pembekalan maksimal agar para guru kader bisa menyiapkan kader partai terbaik di masing-masing daerah.

“Semoga semua peserta bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik, sampai selesai,” pesannya.

BACA JUGA :  ANIES: Kata Pasti Berbalas Kata

Ketua Badan Diklat PDI Perjuangan Kaltim Iswandi SE MM mengatakan, sengaja menggelar training of trainer ini kepada kader pratama, untuk kemudian dipersiapkan menjadi pendidik di daerahnya masing-masing. Setiap pengurus cabang, dari seluruh kabupaten dan kota di Kaltim, mengirimkan peserta 6 calon pendidik, untuk dilatih dalam kegiatan ini.

“Ada banyak materi yang kami persiapkan, agar para peserta nanti siap diterjunkan ke setiap daerah, memberikan pembekalan ke para kader PDI Perjuangan,” beber Iswandi.

Berbagai materi yang diberikan meliputi sejarah PDI Perjuangan, AD ART serta kode etik organisasi, hingga tata kelola partai. Peserta juga diberikan materi seputar Pancasila dan marhaenisme hingga penguatan kader pendidik. Materi akan disampaikan para pentolan PDI Perjuangan Kaltim yang selama ini sudah malang melintang di dunia politik.

Tak hanya itu, PDI Perjuangan Kaltim juga mengundang pemateri dari luar untuk materi public speaking yakni Ketua Indonesian Professional Speakers Association (IPSA) Kaltim, Endro S. Efendi, C.Ht., CT., CPS, yang juga dikenal sebagai ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltim.

Iswandi berharap, melalui materi yang diberikan, para peserta pendidikan benar-benar siap terjun ke masyarakat, untuk melatih para kader partai yang akan berlaga dalam Pemilu 2024 mendatang.  (*)

Facebook Comments Box

Related posts