Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
BERITA UTAMA DISKOMINFO SAMARINDA

Wali Kota Samarinda Sebut 2026 Samarinda bebas Tambang

Kompak.id, Samarinda – Wali Kota Samarinda, H Andi Harun menyampaikan keinginan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda di tahun 2026 Kota Samarinda bebas dari aktifitas tambang. Hal itu tertuang dalam Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Samarinda, pada 2026 Samarinda akan jadi wilayah bebas tambang.

“Kita mulai 2026, seluruh wilayah di Samarinda tak ada lagi zona tambang,” ungkap Andi Harun Wali Kota Samarinda, Andi Harun, Selasa (7/2/2023).

Pemkot Samarinda menempuh langkah tersebut karena menyadari banyaknya dampak terhadap lingkungan akibat merajalelanya aktivitas tambang. Mulai banjir sampai longsor. Orang nomor satu di Samarinda itu menyebut Samarinda akan menuju kota metropolitan pada tahun 2024.

“Kota Samarinda telah menjadi Kota Besar dengan dengan luas 718.000 KM Persegi dan jumlah Penduduk 827.994 jiwa, jika kedepannya mencapai 1 Juta jiwa, kami sudah secara Sah menjadi Kota Metropolitan,” terangnya

Lebih Lanjut H. Andi Harun juga menyampaikan target besar Kota Samarinda kedepannya yaitu 2026 Samarinda Bebas tambang. Pihaknya saat ini menyusun RTRW yang isinya 2026 Samarinda bebas dari tambang.

BACA JUGA :  Anak Panti Asuhan Nur Fisabilillah Hasanah Samarinda Terima Beasiswa Hingga S3

“Mulai 2026 tidak boleh lagi ada pertambangan batu bara di seluruh wilayah Samarinda, dan ini tidak bisa diubah siapapun walikota kedepannya”. Pungkasnya. (Ain)

Related posts