Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
BERITA UTAMA EKONOMI DAN BISNIS

Terbang Perdana, Super Air Jet Bawa 180 Penumpang

Maskapai Super Air Jet mulai melayani rute Samarinda - Surabaya (PP)

SAMARINDA –Maskapai Super Air Jet terbang perdana dari Surabaya menuju Samarinda, Jumat (22/4) tadi. Penerbangan dari Surabaya, tepatnya dari Bandara Juanda, Sidoarjo, bertolak tepat pukul 06.07 WIB. Dari Bandara Juanda, penumpang diberangkatkan dari Terminal 1 bandara ini, tepatnya di gate 13.

Setelah terbang selama 1 jam 25 menit, pesawat Airbus 320 yang digunakan Super Air Jet mendarat di Bandara APT Pranoto Samarinda tepat pukul 08.31 Wita. Pesawat dengan register PK SAT itu membawa penumpang dari Surabaya 63 orang.

Sebelum mendarat di Bandara APT Pranoto Samarinda, pesawat ini sempat satu kali berputar di atas wilayah Tenggarong, Kutai Kartanegara. Ini karena kondisi cuaca sedang hujan dan berkabut. Namun, pesawat ini akhirnya bisa mendarat dengan mulus.

Begitu mendarat dan menuju apron, pesawat ini mendapat sambutan water salute alias semprotan air dari dua pemadam kebakaran bandara ini. Prosesi ini sebagai tanda pesawat baru mendarat pertama kali di Samarinda.

Super Air Jet kembali bertolak ke Surabaya dengan membawa 180 penumpang. Tentu saja, momen ini juga menjadi penerbangan perdana dari Samarinda menuju Surabaya. Sempat dilakukan prosesi foto bersama, sebelum penumpang diberangkatkan ke Surabaya.

Dalam keterangan resminya, Direktur Safety, Security, and Quality (SSQ) Super Air Jet, Dodi Arifin, menyatakan animo masyarakat sangat tinggi untuk ikut dalam penerbangan perdana Super Air Jet rute Samarinda-Surabaya karena bertepatan menjelang hari raya Idul Fitri 2022. Dodi menjelaskan, penerbangan perdana atau pembukaan rute baru bukan hanya di Samarinda. Hal serupa juga dilakukan di rute tujuan Semarang dan Banjarmasin.

BACA JUGA :  Kapal Terakhir Akhirnya Diberangkatkan ke Pare-pare

“Sebelumnya Super Air Jet telah menerbangi lima belas kota, yakni Kota Medan, Batam, Padang, Pekanbaru, Palembang, Jambi, Bandar Lampung, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Lombok, Pontianak, Balikpapan, dan Makassar,” ucap Dodi.

Super Air Jet memiliki 21 armada airbus A320 – 200 dengan kapasitas 180 tempat duduk kelas ekonomi. Jumlah armada akan terus bertambah sampai akhir 2022 dengan target 60 armada pesawat merujuk pada strategis bisnis perusahaan.

Rencana selanjutnya dalam waktu dekat, kata Dodi, Super Air Jet akan menambah rute-rute penerbangan baru yaitu ke kota-kota lainnya di timur Indonesia dan tahun-tahun berikutnya berencana menerbangi rute – rute regional dan internasional. “Yaitu rute tujuan Singapura, Malaysia, Cina, Mekkah, dan Madinah untuk penerbangan haji dan umrah.”

Sementara itu, Kepala Unit Pengelola Bandar Udara Kelas I Aji Pangeran Tumenggung Pranoto Samarinda, Agung Pracayanto berharap Super Air Jet juga melirik rute lainnya.

“Masyarakat juga menunggu Super Jet Air membuka rute seperti Semarang, Makassar Denpasar, Banjarmasin dan Yogyakarta. Mohon bisa dimanfaatkan dan masyarakat menunggu,” kata Agung.

Agung menilai hadirnya maskapai Super Air Jet bakal turut mendorong kebangkitan perekonomian, khususnya di Kalimantan Timur. Selain itu, adanya penambahan maskapai, akan membuat masyarakat Samarinda dan sekitarnya punya banyak opsi untuk memilih maskapai yang ingin mereka gunakan. (*)

Facebook Comments Box

Related posts