Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
ADVERTORIAL DINAS PENDIDIKAN KALTIM PENDIDIKAN

SMAN 7 Balikpapan Raih Juara 1 Lomba Sains Biologi se Kaltim-Kaltara

KOMPAK.ID, BALIKPAPAN – Usaha siswa SMAN 7 Balikpapan kembali membuahkan hasil membanggakan dalam kompetisi tingkat Kaltim-Kaltara. Melalui OSAGI XII, sebuah ajang lomba sains biologi oleh Universitas Mulawarman ini, tiga siswa SMAN 7 Balikpapan meraih juara pertama dalam cabang lomba Mading 3D setelah bersaing dengan 12 tim lainnya.

Perlombaan yang berlangsug pada 22-24 Februari 2022 lalu itu mengambil tema “Tingkatkan Aksi Generasi Muda Dalam Melindungi Mangrove untuk Menjadi Lebih Baik”.

Tidak hanya diikuti siswa SMA, kompetisi ini juga terbuka untuk mahasiswa se Kaltim-Kaltara.

Mereka yang mewakili SMAN 7 Balikpapan itu adalah Alya Putri (XI MIPA-4), Desvika Anggy P.M. (XI MIPA-1), Sendi Stevani Putri (XI MIPA-3). Ketiganya dibina Darni S.Pd menyajikan mading berjudul ‘With and Without Mangrove’ yang kemudian berhasil mendapat Juara 1 dalam perlombaan ini. Mereka mengaku mengerjakan mading selama 2 bulan.

“Mading 3D 360 derajat yang dapat dilihat dari mana saja ini berbentuk belah ketupat dan memiliki 2 sisi yang dipisahkan oleh jembatan yang memiliki nama yaitu jembatan tanda Tanya,” ujar salah satu dari mereka.

BACA JUGA :  2.085 Satuan Pendidikan di Kaltim Mendaftar Implementasi Kurikulum Merdeka

“Jembatan tanda tanya ini berisi pertanyaan-pertanyaan yang sekiranya akan di tanyakan oleh generasi muda ketika diajak melakukan aksi melindungi Mangrove,” sahut yang lainnya.

“Salah satu sisi terlihat lebih rindang dan sejahtera dengan mangrove yang terawat, sebaliknya sisi lainnya terlihat kacau tanpa mangrove. Pemilihan konsep ini memiliki niat untuk menyadarkan generasi muda tentang pentingnya mangrove,” tutup siswa terakhir.

Pada 24 Februari 2022 mereka melakukan presentasi via zoom di hadapan dewan juri dan 12 peserta lainnya. Di hari yang sama pula pengumuman sekaligus penutupan OSAGI XII dilaksanakan.

Pada 7 Maret 2022 perwakilan panitia OSAGI XII bertandang ke SMAN 7 Balikpapan untuk menyerahkan hadiah berupa piala, piagam, sertifikat, medali, dan uang pembinaan. (Adv)

Facebook Comments Box

Related posts