Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
BERITA UTAMA

Peringati World Pharmacist Day 2022, PD IAI Kaltim Gelar Berbagai Kegiatan

Puncak acara Hari Apoteker Se-Dunia dilaksanakan di GOR Kadrie Oening Samarinda.

SAMARINDA – Pengurus Daerah (PD) Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kalimantan Timur tak mau ketinggalan memperingati World Pharmacist Day (WPD) alias Hari Apoteker se-Dunia 2022. Berbagai kegiatan digelar tidak hanya oleh IAI Kaltim, tapi juga pengurus IAI dari berbagai kabupaten dan kota di Kaltim.

Ketua PD IAI Kaltim Drs M Nasruddin Apt menyampaikan, momentum peringatan Hari Apoteker Sedunia tidak hanya sekedar sebuah gebyar selebrasi yang hanya bergema sebentar. “Tapi kemudian pudar kehilangan makna, dan terasa hambar karena hanya perhatian dunia yang dikejar,” tutur Nasruddin.

Ia berharap, dalam peringatan World Pharmacist Day (WPD), semua apoteker lebih memaknai sebagai suatu  pernyataan atau ikrar yang merupakan kebulatan tekad para apoteker.

“Ini penting untuk menguatkan peran dalam memperkokoh pilar-pilar pembangunan kesehatan bagi masyarakat,” sambungnya. Sebab menurutnya, apoteker harus siap berkontribusi, berkolaborasi, dan menjaga marwah luhur profesi.

Kegiatan ini, menurut Nasruddin, sesuai dengan arahan pengurus pusat IAI yang mengajak semua anggotanya berkolaborasi melalui kegiatan branding, edukasi dan kompetisi untuk memperlihatkan kiprah apoteker Indonesia dalam mewujudkan dunia yang lebih sehat.

Ketua IAI Samarinda apt. Eka Siswanto Syamsul menambahkan, WPD 2022 mengambil tema Apoteker Bersatu dalam Aksi Menuju Dunia yang Lebih Sehat. Sengaja dilakukan kegiatan kampanye tuberculosis dan diabetes mellitus pada masyarakat sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat untuk mewujudkan Indonesia sehat.

Sementara itu, menurut Ketua Panitia apt. Novyar Dharmindra, S.Far, serangkaian kegiatan WPD 2022 sudah diselenggarakan sejak 21 Agustus 2022 sampai 31 Oktober 2022 mendatang.

Puncak kegiatan WPD 2022 untuk tingkat Kaltim ini dipusatkan di Stadion Kadrie Oening Sempaja Samarinda, Minggu (25/9) tadi. Event WPD 2022 cukup semarak dengan berbagai kegiatan seperti jalan sehat dan kampanye serta edukasi kepada masyarakat terkait tuberculosis dan diabetes mellitus. Tak kurang dari 400 apoteker Samarinda yang memeriahkan kegiatan ini. Kegiatan ini juga dipantau pengurus pusat IAI melalui live streaming.

Hadir dalam kegiatan tersebut Subkoord Substansi Subbagian Umum Balai Besar POM Samarinda, Danang T.A, S.Farm., Apt. Ada pula Ketua IAI Samarinda apt. Eka Siswanto Syamsul, S.Farm, M.Sc, serta Ketua Panitia apt. Novyar Dharmindra, S.Far. Selain itu ada sejumlah tamu undangan, seperti Fauzi perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota, hingga Manajer Apotek Kimia Farma Samarinda, Ricky Marpaung.

BACA JUGA :  Konsultasi Publik Pansus RUU IKN, Gelar Pertemuan Dengan Akademisi

Selain di Samarinda, berbagai kegiatan juga dilakukan daerah lain. Seperti IAI Balikpapan melakukan edukasi melalui podcast tentang tuberculosis dan diabetes mellitus, serta vaksinasi covid. IAI Paser juga melaksanakan edukasi melalui podcast tentang tuberculosis dan diabetes mellitus. Sementara IAI Penajam Paser Utara, selain podcast tentang tuberculosis dan diabetes mellitus, juga memberikan layanan cek gula darah gratis.

Sedangkan IAI Kutai Kartanegara menggelar kegiatan screening kesehatan bersama Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara, hingga pembagian leaflet edukasi tentang tuberculosis dan diabetes mellitus. Selanjutnya untuk IAI Kutai Barat menggelar senam sehat bersama Persani Kutai Barat, disertai kegiatan konsultasi kesehatan, cek gula darah dan tekanan darah.

Kegiatan donor darah dan cek kesehatan gratis, menjadi pilihan IAI Kutai Timur dalam memeriahkan WPD 2022. Sementara IAI Berau menggelar kegiatan edukasi obat tuberculosis dan diabetes mellitus, serta melaksanakan senam dagusibu. (*)

Facebook Comments Box

Related posts