Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
BERITA UTAMA

Dua Mahasiswa S2 KPI UINSI, Jadi Penguji Wartawan di Palangkaraya

Uji Kompetensi Wartawan digelar PWI Kalteng di Palangkaraya.

SAMARINDA – Dua mahasiswa Pascasarjana Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda, masing-masing Endro S Efendi dan Achmad Shahab, menjadi penguji dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. UKW tersebut digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Tengah.

Kedua mahasiswa S-2 KPI UINSI Samarinda ini memang tercatat sebagai wartawan aktif dan tergabung dalam organisasi PWI Kalimantan Timur. Endro S Efendi saat ini tercatat sebagai ketua PWI Kaltim sementara Achmad Shahab sebagai wakil ketua Bidang Kesejahteraan Wartawan PWI Kaltim.

Ketua Program Studi Pasca Sarjana KPI UINSI Samarinda, Dr Hj Sy. Nurul Syobah, M.Si menyebutkan, aktivitas mahasiswa S2 KPI ini merupakan wujud kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai civitas akademika Komunikasi dan Penyiaran Islam Pascasarjana UINSI Samarinda.

“Semoga mampu mendorong kemajuan KPI UINSI Samarinda agar semakin dikenal,” sebutnya.

Sementara itu, Endro S. Efendi menyampaikan, seharusnya, ada tiga mahasiswa S2 KPI UINSI yang akan menguji di Palangkaraya. “Namun, satu rekan kami, Abdurrahman Amin, terpaksa tidak bisa ikut serta karena alasan kesehatan,” sebut Endro.

Dikatakan, untuk menuju ke Palangkaraya tersebut, para mahasiswa beserta pengurus PWI lainnya menggunakan transportasi darat. Perjalanan melintasi Banjarmasin, kemudian istirahat dan dilanjutkan menuju ke Palangkaraya. Total waktu perjalanan yang harus ditempuh dari Samarinda menuju Palangkaraya selama 19 jam.

BACA JUGA :  RS Mata Pemprov Kaltim Serius Dongkrak Kapasitas SDM

UKW Angkatan XVIII yang digelar PWI Kalimantan Tengah itu berlangsung di Hotel Aurila, Palangkaraya selama dua hari yakni Sabtu dan Minggu, 24 dan 25 September 2022. Dalam UKW tersebut, kedua mahasiswa UINSI Samarinda, masing-masing menjadi penguji dan penguji magang untuk jenjang wartawan utama. Untuk jenjang wartawan utama diikuti 5 wartawan dari Kota Palangkaraya serta dari Sampit, Kota Waringin Timur. Hasilnya, dalam UKW tersebut, kelima peserta dinyatakan kompeten dan berhak memegang sertifikat kompetensi wartawan utama.

Pada UKW tersebut, total ada 5 kelas. Masing-masing 1 kelas untuk jenjang utama serta jenjang madya. Sedangkan untuk jenjang wartawan muda diikuti 3 kelas.

“Secara keseluruhan, yang terdaftar mengikuti UKW sebanyak 29 orang. Namun yang hadir mengikuti ujian hanya 25 peserta,” kata Endro, saat penutupan UKW tersebut.

Dari 25 peserta yang hadir itu, yang belum dinyatakan kompeten ada 2 peserta. Sehingga total yang kompeten dalam UKW kali ini sebanyak 23 orang. Masing-masing 5 wartawan jenjang utama, 6 wartawan jenjang madya, sisanya 12 wartawan jenjang muda.

“Alhamdulillah, semua berjalan lancar. Semoga wartawan yang dinyatakan kompeten bisa menjaga kualitasnya, sementara yang belum bisa kembali belajar lebih maksimal untuk meningkatkan kapasitasnya,” pungkas Endro. (*)

 

Facebook Comments Box

Related posts