Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
BERITA UTAMA DISKOMINFO SAMARINDA

Kecamatan Sungai Pinang sebagai Juara Umum MTQ Ke 44 Tahun 2023

Kompak.id, Samarinda – Kecamatan Sungai Pinang sebagai Juara Umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-44 tingkat Kota Samarinda tahun 2023. Dengan demikian Kecamatan Sungai Pinang berhak membawa pulang piala bergilir MTQ Kota Samarinda yang diserahkan oleh Wali Kota Samarinda H Andi Harun sekaligus menutup MTQ ke-44 tingkat Kota Samarinda di Halaman Masjid Nurul Mu’minin, Selasa (21/03/2023) tadi malam.

Andi Harun mengucapkan Selamat kepada para kafilah yang telah berhasil meraih predikat juara. Dirinya berharap prestasi tersebut dapat terus dipertahankan dan kemudian dapat kembali meraih kesuksesan dalam perhelatan MTQ pada jenjang selanjutnya.

“Kepada peserta yang belum berhasil tidak perlu berkecil hati. Jadikan perlombaan tahun ini menjadi sarana pelatihan untuk menambah wawasan dan pengalaman, kemudian persiapkan diri kembali untuk mengikuti ajang perlombaan tahun berikutnya,” ucap Andi Harun.

Andi Harun mengatakan pelaksanaan MTQ mempunyai nilai strategis dalam rangka pembangunan sumber daya manusia yang relijius, unggul, dan berbudaya. Karena MTQ mengajak umat Islam untuk lebih dekat pada Al-Quran.

Menurutnya, MTQ merupakan salah satu momen dan forum bagi umat Islam untuk merefleksikan Al-Quran dengan membaca dan memahaminya sesuai dengan standar yang telah disusun oleh para ulama. Bacaan yang bagus, hafalan yang lancar, dan pemahaman yang benar, yang telah disajikan dalam MTQ ini merupakan salah satu cara umat Islam untuk memedomani Al-Quran sebagai petunjuk bagi kaum yang bertakwa.

BACA JUGA :  Dispora Se-Kaltim Pastikan Porprov VII Kaltim Tak Ditunda

Mtq tahun ini yang bertema ‘Amalkan Al-Qur’an, Bangun Peradaban’, sambung dia, merupakan tema yang sangat sinergis dengan misi Pemerintah Kota Samarinda saat ini yang memfokuskan diri pada pembangunan di semua sektor, sehingga mampu menjadi pondasi dalam membangun Samarinda menjadi Kota Pusat Peradaban.

“Upaya untuk mewujudkan Samarinda menjadi Kota Peradaban sangat tergantung pada kualitas sumber daya manusia, yang sasarannya adalah terwujudnya manusia yang bertakwa, pekerja keras, dinamis, produktif, terampil, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, Selain harus memiliki keterampilan tersebut, para generasi muda khususnya juga harus berakhlak yang mulia” ujarnya.

Orang nomor satu di Kota Samarinda ini mengatakan bahwa Al-Quran telah menyebutkan dengan jelas keharusan umat Islam untuk memiliki akhlak atau karakter yang baik, baik dalam konteks hubungan dengan Tuhan dan hubungan dengan sesama manusia.

“Saya dan kita semua tentunya berharap, MTQ ke-44 tingkat Kota Samarinda ini akan melahirkan generasi emas yang hatinya terikat dengan Al-Quran, memiliki semangat untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta menjadi insan yang terus menginspirasi orang lain untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT,” pungkasnya.

Adapun juara dua pada MTQ tingkat Kota Samarinda tahun 2023 ini yakni Kecamatan Samarinda Ulu dan Kecamatan Palaran pada posisi peringkat ke tiga. (Adv)

Related posts