Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
BERITA UTAMA SERBA SERBI

Festival Anak Sholeh, Kaltim di Peringkat 7

Kontingen FASI Kaltim berada di posisi 7 nasional di ajang FASI Palembang.

PALEMBANG – Kontingen Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) Kalimantan Timur, harus puas bertengger di peringkat 7, di ajang FASI XI Nasional di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). Dalam event nasional yang berlangsung 24 hingga 27 Maret 2022 itu, gelar juara umum digondol kontingen dari Jawa Barat.

Di atas Kaltim, posisi kedua sampai keenam ditempati Kalsel, Sulsel, Sumsel, Aceh, dan Jatim. Sementara, setelah Kaltim, peringkat kedelapan hingga kesepuluh ditempati NTB, Kalteng, dan Kalbar.

Direktur Wilayah Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-Kanak Al Qur’an (LPPTKA) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kaltim, Muhammad Solekhin, S.Pd, M.Pd., menyebutkan, Kaltim setidaknya menyabet 13 gelar juara dari berbagai nomor yang diperlombakan. Baik untuk Taman Kanak-Kanak Al Qur’an (TKA), Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA), maupun tingkat Ta’limul Qur’an lil Aulad (TQA).

“Khusus tingkat TKA, Kaltim menyabet juara umum se-Indonesia,” sebut Solekhin, kepada media ini, Minggu (27/3).

Dijelaskan, dari cabang kaligrafi TQA, mendapat juara harapan 3, untuk cabang nasyid TKA meraih juara 3, sementara untuk tilawah TQA putri meraih juara harapan 1. Di cabang azan iqamah TKA meraih juara 1, begitu juga cabang tartil TKA putra juga meraih juara 1.

Sedangkan untuk ceramah TKA putra, meraih juara 3 disusul ceramah TQA putra meraih juara harapan 2. Untuk cabang cerdas cermat Al Qur’an TPA meraih juara harapan 1, dan peragaan salat putra TKA, meraih juara 1.

Sementara cabang tartil putri TPA meraih juara harapan 1 disusul azan iqamah TPA mendapat juara harapan 2. Terakhir untuk menggambar putri TPA mendapat juara harapan 3 dan tilawah TQA putra mendapat juara 3.

Selain mendapatkan trofi dan uang pembinaan, peserta FASI yang meraih juara 1 di masing-masing lomba dan kategori, mendapatkan hadiah umrah dari DPP BKPRMI.

Dalam event yang dipusatkan di kawasan Sport City Jakabaring di Kota Palembang ini, Kaltim mengirimkan kontingen dengan kekuatan 146 peserta dan 14 ofisial. Sebanyak 146 peserta terdiri atas 41 peserta lomba, sisanya adalah pendamping dan juga para orang tua serta para pendukung.

BACA JUGA :  Pecaturnya Raih Medali SEA Games, Ketua Percasi Kaltim: Sangat Membanggakan

Karena terbatasnya anggaran BKPRMI Kaltim, proses pengiriman kontingen Kaltim ini diamanahkan kepada masing-masing kabupaten dan kota di Kaltim.

“Kami sudah berusaha semampunya, ini adalah hasil maksimal yang bisa kami bawa pulang,” sebut Solekhin.

Dikatakan Solekhin, hasil dari FASI Palembang ini, akan menjadi bahan evaluasi. Termasuk berbagai kekurangan yang terjadi dari mulai proses selesai sampai pemberangkatan peserta ke Palembang.

“Selamat untuk para santri yang sudah meraih juara. Kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh pengurus BKPRMI di kabupaten dan kota, termasuk pemerintah daerah,” sambungnya.

Lebih lanjut, Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Akhmed Reza Fachlevi yang juga hadir dalam FASI XI di Palembang ini memberikan apresiasi setinggi-tingginya pada semua peserta yang sudah berusaha maksimal di ajang nasional tersebut.

“Terima kasih kepada para guru ngaji, para pembina Al Qur’an, para ustaz dan ustazah yang sudah memberikan bimbingan pada para santri yang berlaga,” sebut Reza sapaan akrabnya.  Reza yang juga tercatat sebagai ketua BKPRMI Kutai Kartanegara ini berharap, ke depan ajang FASI ini perlu mendapat dukungan maksimal dari Pemprov Kaltim.

“Saya sudah ada komunikasi dengan wakil gubernur, insya Allah di agenda berikutnya, kita akan berikan dukungan lebih baik lagi, demi para santri TK dan TPA di ajang nasional,” sebutnya.

Tak lupa, Reza juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan BKPRMI seluruh kabupaten dan kota serta pemerintah daerah, yang selalu memberikan dukungan. “Mudah-mudahan pembinaan sejak dini seperti ini bisa terus berlanjut,” harapnya.

Sementara itu, dalam perhelatan FASI ke XI Nasional itu, akhirnya ditutup Menteri BUMN yakni Erick Thohir di Main Dinning Hall, Jakabaring Sport City, Kota Palembang, Minggu (27/3) siang tadi. (*)

Facebook Comments Box

Related posts