Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
DPRD SAMARINDA

DPRD Samarinda Sambut Baik Juknis Terkait Perwali Kegiatan Reses

Sekwan, Agus Tri S.

Kompak.id, Samarinda  —  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Samarinda menyambut baik Petunjuk Teknis (Juknis) yang dibuat Sekretariat DPRD Kota Samarinda terkait Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 21 tahun 2012 tentang Tata Cara Pemberian dan Pertanggungjawaban Kegiatan Reses Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Samarinda

Hal ini dikatakan Sekretaris DPRD Kota Samarinda Agus Tri Sutanto, tentang juknis yang dibuat merupakan inisiatif dari sekretariat DPRD Kota Samarinda.

“Biasanya aturan wali kota bersifat global, sehingga kami berinisiatif untuk membuat juknis yang lebih detail.  Dan tetap sesuai dengan aturan perundang-undangan,” sambungnya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (10/10/2022).

Agus juga menjelaskan, sosialisasi terkait hal tersebut terkait mekanisme penganggaran hingga pertanggungjawaban anggaran reses yang tertuang pada Perwali Kota Samarinda. Dengan adanya juknis dapat membantu anggota DPRD melaksanakan reses dan menggunakan dana reses berlandaskan hukum yang mengacu pada aturan.

“Kita harap dengan dibuatnya juknis penggunaan uang reses itu dapat  betul-betul sesuai dengan landasan hukum, dan mengacu kepada seluruh peraturan perundang undangan yang ada. Baik dari tahap perencanaannya sampai ke tahap pertanggungjawaban penggunaan anggaran itu,” sambungnya.

BACA JUGA :  APBD Perubahan 2022 Kota Samarinda Disahkan Rp3,2 Triliun

Agus menambahkan, aturan teknis terkait anggaran reses ini juga tidak hanya berlaku pada Sosialisasi Perda (Sosper), namun juga kegiatan sosialisasi pendidikan wawasan kebangsaan.

Agus menegaskan bahwa penerapan Perwali dalam sosper anggota dewan ini menjadi yang pertama di Indonesia.

Sehingga dalam melaksanakan reses anggota DPRD mendapat kemudahan mewujudkan efektivitas dan efisiensi anggaran, dengan adanya payung hukum yang jelas, yang merujuk pada penguatan tugas dan fungsi kedewanan.

“Baik kegiatan sosper maupun sosialisasi pendidikan wawasan kebangsaan yang menjadi salah satu tugas anggota DPRD itu,” ujarnya. (Adv)

Facebook Comments Box

Related posts