Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
BERITA UTAMA DISPORA KALTIM

Dispora Se-Kaltim Pastikan Porprov VII Kaltim Tak Ditunda

Kompak.id, Paser – Penundaan pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Ke VII Kalimantan Timur menjadi salah satu topik pembicaraan di berbagai kalangan. Hal ini membuat gusar sejumlah atlet dan pemerintah daerah, dalam hal ini Dinas Pemuda Olahraga (Dispora).

Muslimin mewakili kehadiran Dispora se Kalimantan Timur menegaskan, pihaknya tidak menginginkan pelaksanaan Porprov VII Kaltim ditunda. Sebab hal tersebut dapat menyebabkan kerugian di setiap kabupaten dan kota.

“Kerugian tidak hanya dalam hal materi keuangan saja, lebih besar dari itu. Kondisi performa setiap atlet juga akan menjadi terganggu jika pelaksanaan Porprov selalu tertunda,” kata H. Muslimin,  Minggu (23/10/2022).

Lebih lanjut, berkaitan dengan Venue olahraga, ia menilai lokasi venue yang berada di Biduk-biduk terlalu jauh untuk dijangkau. Dikhawatirkan akan terjadi gangguan pada kondisi kesehatan Atlet dari Kabupaten lain.

“Bisa dibayangkan jika perjalanan atlet Paser untuk sampai di Tanjung Redeb saja sudah 24 jam jika ditempuh jalur darat. Kemudian dilanjutkan lagi menuju Biduk-biduk kurang lebih menempuh delapan jam. Dikhawatirkan Atlet sudah terlalu lelah dan akan berpengaruh pada kondiai kesehatan fisik Atlet. Kami menyarankan agar Dispora Kabupaten Berau segera berkoordinasi dengan Diapora Se Kaltim untuk mengalihkan lokasi pertandingan di Kabupaten yang mudah terjangkau, “ jelasnya.

Tak hanya itu, ia juga menjelaskan berkaitan dengan penginapan bagi atlet-atlet daerah. Ia berharap Pengurus Besar Porprov bisa memfasilitasi penginapan atlet dari setiap daerah.

BACA JUGA :  Tinjau Terminal Sungai Kunjang, Irjen Kemenhub Temukan Bus Kurang Layak

“Penginapan akan menjadi permasalahan tuan rumah. Dimana nanti akan ada ribuan atlet dan ofisial yang akan datang ke Kabupaten Berau. Jangan sampai kehadiran Kontingen malah kebingungan mencari tempat penginapan,” ungkapnya.

Ditegaskan juga, pihaknya menolak kepesertaan atlet luar Kaltim yang masuk di Porprov VII Kaltim tanpa adanya mutasi atlet.

“Aturan mutasi atlet sudah jelas. Makanya, kami menolak keikutsertaan atlet luar Kaltim tanpa adanya mutasi yang jelas,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dispora Provinsi Kalimantan Timur Agus Tianur menyampaikan perlu menyukseskan agenda olahraga se Kalimantan Timur tersebut. Pihaknya telah menyalurkan anggaran pelaksanaan Porprov ke Pemerintah Kabupaten Berau.

“Persiapan oleh tuan rumah sebenarnya secara waktu sudah sangat siap, sebab sudah mencapai enam tahun sejak diputuskan Porprov ke VII di Kabupaten Berau. Terlebih lagi anggaran juga sudah diserahkan,” ucap Agus Tianur tegas.

Sekadar informasi, beberapa Kepala Dispora Se Kalimantan Timur sudah menyepakati untuk mendukung pelaksanaan Porprov VII Kalimantan Timur yang akan digelar di Kabupaten Berau pada 12-22 November 2022 mendatang.

Di antaranya Kepala Dispora Provinsi Kalimantan Timur Agus Tianur, Kepala Dispora Kota Samarinda H. Muslimin, Kepala Dispora Penajam Paser Utara (PPU) Alimuddin dan Kepala Disporpar Paser Muksin.(muh)

Facebook Comments Box

Related posts