Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
BERITA UTAMA

Dewan Pers Gelar UKW, 27 Wartawan PWI Kaltim Dinyatakan Berkompeten

Kompak.id, Samarinda – Dewan Pers memberikan fasilitas kepada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltim, Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) Kaltim, dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kaltim untuk menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Kalimantan Timur.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, 4 dan 5 Juli 2022 di Hotel Swissbell, Samarinda. Sebanyak 27 dari 30 peserta berasal dari PWI dinyatakan kompeten oleh para penguji yang diutus oleh Dewan Pers.

“Dari 30 peserta, ada 27 yang kompeten. Sedangkan satu peserta tidak hadir dan dua peserta belum kompeten,” kata ketua PWI Kaltim, Endro S. Efendi, Selasa (05/07/2022).

Ketua PWI Kaltim mengucapkan selamat bagi wartawan yang kompeten. Tahun ini masih dua kali lagi UKW di Kaltim, bagi yang belum kompeten jangan patah semangat, buktikan kalo memang kalian kompeten pada UKW selanjutnya.

Tak hanya itu, ia juga menegaskan, wartawan kompeten tidak asal membuat berita, harus mampu memilih dan membuat berita dengan baik. Serta harus menerapkan kode etik dan aturan dalam menjalankan tugas jurnalistik, sehingga berita bisa tersampaikan dengan baik kepada masyarakat luas dan narasumber juga tak terbebani.

“Wartawan yang kompeten mampu untuk memilih dan membuat berita baik, berkualitas, serta layak dikonsumsi publik,” ucapnya.

BACA JUGA :  Bimtek Pertanian di Kukar, Budisatrio Berharap Kukar Jadi Lumbung Pangan Kaltim

Selain itu, Endro menambahkan, Pers juga sebagai pilar demokrasi akan mengawal pembangunan di Kaltim. Maka ia berharap kedepannya akan lebih banyak lagi wartawan yang kompeten.

“Semakin banyak wartawan kompeten, Kaltim akan semakin membaik,” ujar Ketua PWI Kaltim.

Sementara itu, salah satu penguji berasal dari PWI Jawa Barat, Ati Suprihatin menyampaikan, para wartawan di kaltim sudah memahami dengan profesi jurnalistik. Akan tetapi masih ada hal perlu ditingkatkan.

“Wartawannya sebagian besar sudah memahami profesinya, tapi memang ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan, terutama pada penulisan berita,” jelas Ati.

Wartawannya bagus-bagus, kata Ati, masih muda juga, artinya perjalanan mereka masih panjang dan membutuhkan bimbingan, “saya berharap, PWI Kaltim untuk memberikan pelatihan menulis berita yang baik sesuai dengan kaidah jurnalistik dan kode etik jurnalistik,” harapnya.

Selain itu, salah satu wartawan yang lulus UKW, Andi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mengadakan UKW ini. Ia merasa sangat bangga dan bahagia, karena telah mendapatkan gelar wartawan kompeten.

“Terima kasih atas bantuannya, saya senang sekali bisa lulus pada uji kompetensi pertama ini. Mudahan kedepannya kegiatan seperti ini lebih sering diadakan,” pungkasnya.(muh/Oke)

Facebook Comments Box

Related posts