Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
ADVERTORIAL DPRD SAMARINDA

Kehadiran IKN dinilai Harus disertai Peningkatan Kualitas SDM

 

Kompak.id, Samarinda – Hadirnya Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur menjadi tantangan tersendiri khususnya bagi warga Kota Samarinda.

Pasalnya, kehadiran IKN ini sejatinya harus disertai dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal di segala bidang.

“Persiapan tersebut harus dimulai dari peningkatan kualitas SDM lokal agar handal di segala bidang dan dapat bersaing secara lebih efektif,” ujar Sekretaris Komisi III DPRD Samarinda, Novan Syahroni Pasie pada Rabu (10/4/2024).

Novan mengungkapkan bahwa peningkatan SDM bertujuan agar warga lokal dapat berkompetisi dalam pembangunan IKN khususnya di Benua Etam.

Karena menurutnya, Kota Samarinda sebagai kota penyangga IKN harus siap menghadapi segala tantangan.

“Apalagi saat ini, kita lihat bahwa perusahaan-perusahaan terkemuka di Kaltim justru merekrut pekerja dari luar daerah,” jelasnya.

Hal ini tentu saja disebabkan karena SDM lokal terbukti sedang kalah saing dengan SDM dari luar daerah seperti Jawa dan lain sebagainya.

Novan juga menyoroti keterbelakangan pekerja di Samarinda terutama dalam konteks sistem rekrutmen yang semakin menekankan pada kompetensi individu.

BACA JUGA :  Disdikbud Kaltim dan DPRD Bahas Keluhan Soal Tunjangan Kerja PPPK

Terakhir ia menegaskan bahwa presentasi yang masih sangat kecil diterimanya pekerja lokal disebabkan karena tertinggal dalam hal kualifikasi dan kompetensi.

“Maka dari itulah harus ditingkatkan kualitas SDM nya,” tutupnya. (Adv/Nsa/DPRD Samarinda)

Related posts