Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
DPRD KALTIM HUKUM

Soal Perda Nomor 2 Tahun 2022, Ketua Komisi IV: Keluarga Kuat, Negara Kuat

Akhmed Reza Fachlevi (kanan) dan Endro S Efendi (kiri) saat penyebarluasan Peraturan Daerah (Perda) Kaltim Nomor 2 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga di Loajanan, Kutai Kartanegara, Sabtu (15/4/2023).

Kompak.id, Samarinda – Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) H Akhmed Reza Fachlevi menegaskan, dalam kehidupan masyarakat yang makin modern ini, masyarakat dan lingkungannya memiliki peran yang sangat penting dalam membangun ketahanan keluarga. Sebab, ketahanan keluarga merupakan pondasi dari pembangunan manusia Indonesia seutuhnya.

“Masyarakat dalam peran membangun ketahanan keluarga, memiliki peran untuk melestarikan nilai-nilai budaya luhur, memberikan saran dan pertimbangan, serta memberikan layanan konsultasi atau konseling dalam membentuk keharmonisan keluarga,” ungkap Akhmed Reza Fachlevi saat kegiatan penyebarluasan Peraturan Daerah (Perda) Kaltim Nomor 2 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga di Loajanan, Kutai Kartanegara, Sabtu (15/4/2023).

Legislator muda yang akrab disapa Reza itu menjelaskan, masyarakat merupakan sekelompok manusia dengan ikatan sistem tertentu, tradisi tertentu, konvensi, dan hukum tertentu dengan kehidupan kolektif. Sehingga, sistem dalam kehidupan bermasyarakat saling berhubungan antara satu manusia dengan manusia lainnya tersebut membentuk suatu kesatuan. Hubungan itulah yang dapat membangun ketahanan keluarga di dalam komunitas.

BACA JUGA :  Minim Lembaga Pendidikan Khusus Anak Disabilitas, Komisi IV DPRD Samarinda Minta Pemkot Segera Bangun Sekolah

“Untuk memaksimalkan ketahanan keluarga, pemerintah daerah dapat membentuk motivator ketahanan keluarga daerah untuk memediasi, mendidik dan mengadvokasi,” Kata Reza politikus muda Gerindra itu.

Reza menyebut di antara tujuan Perda Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga, yakni  sebagai pedoman pemerintah daerah, masyarakat, dan keluarga dalam mewujudkan dan meningkatkan kemampuan guna menciptakan dan mengoptimalkan ketekunan dan ketangguhan keluarga.

“Sebenarnya kalau keluarga itu kuat maka ketahanan negara juga kuat. Keluarga yang lemah juga memperlemah negara,” sebut Reza yang juga Ketua Tunas Indonesia Raya (TIDAR) Kaltim itu menegaskan.

Penyebarluasan Perda ini menghadirkan narasumber Endro S Efendi yang merupakan motivator dari Samarinda. Kegiatan yang dimoderatori oleh Guswantri tersebut berlangsung secara komunikatif. Sejumlah pertanyaan dari peserta direspons secara baik oleh narasumber. (*)

Related posts