Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
ADVERTORIAL DINAS PENDIDIKAN KALTIM PENDIDIKAN

SMAN 4 Samarinda Siap Terapkan Kurikulum Merdeka Belajar

Manulang Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAN 4 Samarinda

Kompak.id, Samarinda – SMAN 4 Samarinda bersiap menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar (KMB) Tahun ajaran 2022/2023. Kurikulum itu diperuntukkan bagi peserta didik baru, yakni kelas X. Sebelumnya Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi melalui Surat Edaran Nomor 56/M/2022 meluncurkan Kurikulum Merdeka sebagai acuan pembelajaran baru.

“Sesuai kebijakan Kemendikbud Ristek tahun ini kita mulai terapkan kurikulum merdeka belajar. Khusus untuk kelas X saja, kelas XI dan XII tetap menggunakan Kurikulum 2013, “ungkap Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAN 4, Selasa, (7/6/2022).

Manulang menjelaskan perbedaan dengan kurikulum sebelumnya ada pada lamanya jam belajar. Tatap muka yang awalnya 44 jam kini terkikis menjadi 37 jam saja. Sehingga diyakini berlangsungnya KMB akan efektif dan kondusif.

Kemudian tujuan dari penerapan kurikulum merdeka belajar tak lain untuk menggali potensi yang dimiliki anak didik. Maka itu dominasi guru dalam membimbing harus terarah dan terukur melalui modul capaian pembelajaran.

SMAN yang berlokasi di Jl. KH. Harun Nafsi itu mengirimkan 8 guru untuk mengikuti sekolah penggerak yang berlangsung di SMAN 11 dan SMAN 8. Langkah itu agar dapat mengamati dan mempelajari penerapan kurikulum merdeka belajar di sekolah.

BACA JUGA :  Diikuti 2000 Pemuda, Wirausaha Muda Pemula Sukses Terlaksana

Sementara itu, sosialisasi dan edukasi kurikulum merdeka belajar akan diberikan kepada peserta didik baru saat masa orientasi siswa (MOS) berlangsung. Selain itu juga kepada orang tua saat daftar ulang sekolah berlangsung.

“Mari sama-sama bersinergi menyukseskan kurikukum merdeka belajar di SMAN 4. InsyaAllah anak didik kita merdeka pintar dan cerdas, “pungkasnya. (Adv/*)

Facebook Comments Box

Related posts