Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
DISPORA KALTIM

Samarinda Menangkan Juara Umum Popda XVI Kaltim 2022.

Kompak.id, Paser –  Kontingen Samarinda berhasil raih juara umum pada perhelatan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Provinsi Kaltim ke-XVI yang digelar di Kabupaten Paser.

Hasil tersebut diumumkan saat penutupan Popda XVI di area Gentung Temiang, Desa Tepian Batang, Kecamatan Tanah Grogot, Jumat (28/10/2022) oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim Agus Tianur.

Agus Tianur mewakili Gubernur Kaltim Isran Noor menyampaikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi Kepada tuan rumah Popda yaitu Kabupaten Paser. Karena Popda ini terlaksana sukses dan melahirkan bibit – bibit baru yang berprestasi.

“Pemprov Kaltim mengucapkan terima kasih dan apresiasi sangat luar biasa kepada tuan rumah Popda XVI Kaltim yang sukses menggelar even ini dengan persiapan dalam waktu satu tahun,” kata Agus Tianur.

Lanjutnya, atlet pelajar berprestasi hasil dari even bergengsi dua tahunan ini juga nantinya bakal dipersiapkan untuk bertanding pada even bergengsi tingkat nasional bahkan internasional.

Tak hanya itu saja, Pemprov juga berharap pada setiap penyelanggara Popda kedepannya semakin berkualitas dan prestasi atlet pelajar Kaltim semakin meningkat pula. Selain itu, Pemprov juga berharap agar pembinaan atlet pelajar di sekolah – sekolah se-Kaltim terus ditingkatkan.

Lebih lanjut, dirinya memberikan ucapan selamat kepada kontingen Popda yang menjadi juara umum dan kepada atlet pelajar yang merebut medali. Kepada yang tidak juara jangan berkecil hati karena masih ada kesempatan lainnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Paser, Katsul Wijaya mengapresiasi dan memberikan selamat bagi atlet yang telah meraih prestasi dan medali. Ia berpesan terus jaga kesehatan dan tak pernah lelah berlatih.

BACA JUGA :  Kemenpora tetapkan Puncak Peringatan Sumpah Pemuda ke-94 di Kaltim

“Perjuangan masih panjang dan raihlah prestasi tertinggi untuk terus harumkan nama baik daerah,” ucap Katsul Wijaya.

Bagi atlet yang belum berhasil, tetap semangat, karena sesungguhnya kegagalan itu katanya kesuksesan yang tertunda. “Jangan patah semangat, berbesar hati dan terus berlatih, berlatih dan berlatih,” serunya.

Selaku tuan rumah, ia memberikan selamat kepada seluruh kontingen se-Kaltim. Tak lupa mengucapkan selamat untuk Kota Samarinda yang meraih juara umum.

“Selamat juga bagi kontingen Balikpapan atas keberhasilannya sebagai runner up, serta selamat juga untuk kontingen Kukar yang menduduki peringkat ke tiga. Serta selamat kepada tuan rumah Kabupaten Paser yang menduduki peringkat empat,” pungkasnya.(Muh/Oke)

Sekadar informasi, berikut daftar raihan medali emas, perak, dan perunggu dari 10 kabupaten atau kota.

  1. Samarinda, 85 emas, 56 perak, dan 51 perunggu dengan total 192 medali.
  2. Balikpapan, 67 emas, 67 perak, dan 58 perunggu dengan total 192 medali.
  3. Kutai Kartanegara, 37 emas, 44 perak, dan 57 perunggu dengan total 138 medali.
  4. Paser, 29 emas, 28 perak, dan 65 perunggu dengan total 122 medali.
  5. Berau, 13 emas, 19 perak, dan 28 perunggu dengan total 60 medali.
  6. Bontang, 12 emas, 14 perak, dan 32 perunggu dengan total 58 medali.
  7. Penajam Paser Utara, 9 emas, 12 perak, dan 16 perunggu dengan total 37 medali.
  8. Kutai Timur, 5 emas, 10 perak, dan 44 perunggu dengan total 59 medali.
  9. Kutai Barat, 3 emas, 9 perak, dan 7 perunggu dengan total 19 medali.
  10. Mahakam Ulu tidak mendapatkan medali.
Facebook Comments Box

Related posts