Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
DINAS PENDIDIKAN KALTIM PENDIDIKAN

PKJ SMK 4 Gelar Lokakarya Jurnalistik

Tak hanya diberikan materi, siswa juga langsung praktik wawancara dan membuat berita.

SAMARINDA – Sebanyak 55 anggota Pena Kreatif Jurnalistik (PKJ) Smakenpa, SMK Negeri 4 Samarinda, antusias mengikuti lokakarya kejurnalistikan di ruang Workshop SMK 4, Rabu (21/9/2022).

Lokakarya berlangsung selama dua hari menghadirkan narasumber dari Persatuan Wartawan Indonesia dan Kantor Bahasa Kaltim. Kepala SMK 4 Samarinda Tri Raharjo saat membuka acara menyampaikan momen ini sangat luar biasa bagi siswa mendapat pencerahan tentang jurnalistik.

“Sebagai jurnalis sekolah, diharapkan memiliki integritas sebagai penyampai informasi dan membangun provokasi positif,” kata Tri Raharjo.

Dikatakan Tri, sekolah yang dipimpinnya ini berupaya mengembangkan kreativitas siswa melalui sistem merdeka belajar. Siswa diharapkan dapat menjadi agen perubahan sesuai di bawah bimbingan guru. Ditambahkan, sekolah akan mengapresiasi kegiatan siswa dan menyiapkan fasilitas pendukung.

Ke depan, sekolah akan melakukan kesepakatan kerja sama dengan PWI Kaltim agar program ini terus berkelanjutan. Sehingga melalui PKJ, siswa memiliki kreativitas tinggi dan tidak menjadi penyebar hoaks.

Sementara, Ketua PWI Kaltim Endro S Efendi saat menjadi narasumber langsung memberikan contoh dan praktik membuat berita. Secara bertahap siswa dilatih membuat lead berita dan isi berita.

BACA JUGA :  Undang Ketua PWI Kaltim, LPM Cakrawala Gelar Sedetik

“Dengan praktik seperti ini, peserta lebih mudah memahami dan bisa langsung mengoreksi tulisan yang dibuat,” ujar Endro. Endro mengapresiasi kegiatan ini dan berharap PKJ dapat terus berkembang.

Harapannya, kelak para siswa akan menjadi wartawan andal di Bumi Etam. Apalagi Kaltim nantinya menjadi ibu kota negara baru. (*)

Facebook Comments Box

Related posts