Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
DISKOMINFO SAMARINDA

Pemkot Samarinda Serahkan Paket Sembako Bagi masyarakat Miskin Ekstrem dan Lansia Terlantar

Kompak.id, Samarinda – Pemerintah Kota Samarinda melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Samarinda melakukan kegiatan pemberian 100 paket sembako. Pembagian paket sembako ini diantaranya sebanyak 50 paket sembako lainnyadiserahkan ke rumah-rumah masyarakat miskin ekstrem. Sementara sebanyak 50 paket dibagikan untuk masyarakat miskin ekstrem, yatim piatu dan lansia terlantar yang dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Buka Bersama di UPTD Rumah Singgah Panti Sehati Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Samarinda Jalan DI Panjaitan komplek Indovice, Jumat (31/3/2023).

Wali Kota Samarinda dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Sam Syaimun menyampaikan, kegiatan Buka Puasa Bersama hari ini dilaksanakan beriringan dengan penyerahan bantuan paket sembako kepada masyarakat  perwakilan miskin ekstrem di 10 Kecamatan di Kota Samarinda.

“Ini tindak lanjut dari Instruksi Presiden RI yang menginstruksikan target masyarakat miskin adalah 0%, termasuk di wilayah Samarinda,” katanya

Ia mengutarakan di Samarinda dengan jumlah orang miskin 44.524 jiwa dari 1.825 keluarga dan jumlah miskin ekstrem yang harus dituntaskan berjumlah 9.032 jiwa  dari 1.600 keluarga memerlukan berbagai kegiatan penuntasan kemiskinan.

Krena itu sebutnya instansi terkait telah membidani program-program untuk mendukung tujuan tersebut, diantaranya  memberikan bantuan sembako pada November 2022 sejumlah 29.032 jiwa. Kemudian Maret kembali memberikan bantuan kepada perwakilan masyarakat miskin  ekstrem sejumlah 50 paket sembako, bantuan kepada anak yatim dan lansia terlantar sejumlah 20 paket sembako, program bantuan modal kepada wanita – wanita yang ada dalam data Miskin Ekstrem dengan program Wanita Rawan Sosial Ekonomi (WRSE) sejumlah 410 orang, Program Peningkatan Penghasilan Masyarakat Esktrem Kota Samarinda melalui beberapa program pelatihan dan bantuan alat hasil pelatihan, dan Program Bedah Rumah yakni program perbaikan rumah masyarakat miskin yang dikerjakan bekerjasama dengan Dinas PUPR Kota Samarinda.

BACA JUGA :  Kunjungan Permustakan Saat Ramadan Menurun

Dia berharap kepada para penerima bantuan agar dapat  memanfaatkan apa yang  diterima dengan sebaik-baiknya. “Jangan dilihat dari jumlahnya karena memang tidak seberapa, tapi ini adalah bagian dari bentuk dukungan dan perhatian dari Pemerintah Kota Samarinda dalam khususnya menyambut datangnya Bulan Ramadhan. Tetap semangat menjalankan ibadah puasa dan selalu taat kepada Allah. Semoga Ramadhan tahun ini memotivasi kita untuk tetap jaga keimanan di sebelas bulan selanjutnya, karena bulan Ramadhan adalah moment untuk  mensyukuri segala nikmat, salah satunya ketika nikmat berbuka puasa,” tuturnya.

Hadir pada acara ini Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Isfihani dan Ketua Komisi IV DPRD Kota Samarinda Sri Puji Astuti.(Adv)

Related posts