Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
DISKOMINFO SAMARINDA

Kunjungan Permustakan Saat Ramadan Menurun

Kompak.id, Samarinda  – Tingkat kunjungan pemustaka di Perpustakaan kota Samarinda Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) kota Samarinda di bulan Ramadhan 1444 H/2023 M ini mengalami penurunan menjadi 112 orang rata-rata per hari dari hari biasanya rata-rata 772 orang per harinya.

“Untuk bulan puasa di jam kerja pelayanan sampai saat rata-rata 112 orang per hari. Jika dihitung secara keseluruhan selama 14 hari di bula puasa totalnya 1.580 orang,” kata kepala DPK kota Samarinda Erham Yusuf, Rabu (12/04/2023).

Erham menyebutkan jika di hari biasanya, sesuai data di bulan Februari, keseluruhan ada 15.441 orang selama 20 hari kerja atau rata-rata 772 orang perharinya.

“Penurunan diantaranya karena ditiadakannya kunjungan atau visitasi dari sekolah-sekolah. Walaupun demikian diluar program visitasi sekolah, cukup banyak juga anak-anak sekolah yang datang ke perpustakaan seusai jam sekolah mereka,” beber mantan kepala Dinas Tenaga Kerja kota Samarinda ini.

Mereka lanjut mantan Kabag Humas dan Protokol Pemkot Samarinda ini, rata-rata mencari bahan-bahan menyelesaikan tugas sekolah.

BACA JUGA :  PKK Samarinda Berbagi Berkah ke Anak Yatim dan Kaum Dhuafa dari Donasi Woman’s Bazar Ramadhan

“Begitu pula para mahasiswa, dari pantauan dan data kami tidak mengalami penurunan selama puasa ini. Karena memang perpustakaan ini masih sangat dibutuhkan para mahasiswa dalam mengerjakan tugas kuliahnya,” ujar Erham.

Selain ditiadakannya program visitasi sekolah, kata Erham penurunan juga disebabkan jam layanan yang ditetapkan di bulan Ramadhan lebih singkat dibanding biasanya. Dimana, Pelayanan di Perpus Kota Samarinda selama Ramadhan yakni setiap Senin-Kamis buka pukul 08.00-15.00 WITA dan Jumat buka pukul 08.00 – 14.00 WITA. Diluar bulan Ramadhan,  jam operasionalnya Senin-Kamis buka pukul 08.00 – 16.00 WITA dan Jumat buka pukul 08.00 – 15.00 WITA. Sedangkan layanan hari Sabtu dan Minggu dan hari libur nasional tutup.(Adv)

Related posts