Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
ADVERTORIAL DISKOMINFO SAMARINDA

Menko PMK Roadshow Percepatan Penurunan Stunting dan Penanganan Kemiskinan Ekstrim

Kompak.id, Samarinda – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (PMK) adakan roadshow dalam rangka percepatan penurunan stunting dan penanganan kemiskinan ekstrim, roadshow diadakan secara daring dihadiri oleh perwakilan dari Pemkot, Pemprov, DPRD Provinsi dan Kota Kalimantan timur, Roadshow digelar di Diskominfo Kota Samarinda, Kamis (16/3/2023).

“Pertemuan ini untuk membahas langkah-langkah strategis apa dari setiap kabupaten kota untuk menurunkan angka miskin ekstrim dan mencegah terjadinya stunting,” ungkap Muhajir Efendi selaku Menteri PMK.

Dalam roadshow terlebih dahulu diberikan kesempatan pada Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi untuk menyampaikan gambaran umum tentang kondisi kemiskinan ekstrim dan stunting yang terjadi di kabupaten dan kota di Kalimantan Timur.

“Catatan yang bisa kami sampaikan disini adalah dari 10 kabupaten dan kota, ada 5 kabupaten dan kota yang mengalami kenaikan stunting yaitu Kukar, Paser, Balikpapan, Samarinda dan Kubar, tetapi untuk rasio kemiskinan ekstrem justru mengalami penurunan,” jelas Hadi Mulyadi.

Setelah Wagub Kaltim, Wali Kota Samarinda Rusmadi Wongso diberikan kesempatan untuk menyampaikan data stunting yang terjadi di wilayah pemerintahannya tersebut.

BACA JUGA :  Disdikbud Kutim Bekali 25 Arsiparis

“Tingkat kemiskinan ekstrem berbanding lurus dengan terjadinya gejala stunting yang ada di Samarinda,” Terang Rusmadi Wongso

Rusmadi mengharapkan hal ini segera dapat diatasi oleh pemerintah setempat agar menjadi lebih baik

“Kami mengharapkan kepada pemkot untuk terus mlakukan penguatan dan pendampingan, kemudian untuk program kotaku dan bedah rumah tidak saja hanya dibiayai oleh pemerintah kota, tapi juga oleh pemerintah provinsi dan pemerintah pusat,” pungkas Rusmadi. (Adv/Ain)

Related posts