Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
PEMKOT SAMARINDA

Kominfo Kota Samarinda Ajak Masyarakat Manfaatkan Teknologi Digital

Kompak.id, Samarinda  –Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Samarinda memberikan sosialisasi dan edukasi pada masyarakat memanfaatkan teknologi digital masyarakat sehingga bisa meningkatkan ekonomi.

“Literasi digital adalah pengetahuan seseorang atau pengguna dalam memanfaatkan media digital. Media digital yang dimaksud ini meliputi  jaringan internet, alat komunikasi, dan lain sebagainya. Maksud pengetahuan tersebut adalah kemampuan untuk mengumpulkan, menggunakan, dan memanfaatkan media digital secara bijak,” kata Kepala Bidang Pengelolan Pelayanan Informasi Euis Eka Aprilyani saat menjadi Narasumber di Aula Kecamatan Sambutan, Kamis (29/9/2022) pagi.

Dikatakan, internet rupanya bisa meningkatkan produktivitas seseorang untuk  pengembangan kapasitas diri. Namun, berlama-lama berselancar di internet sangat tidak baik, apalagi hanya untuk hal negatif dan tidak berguna.

Untuk menjadi lebih produktif, ia menyarankan, pengguna harus mengenali potensi diri, menjadikan potensi tersebut sebagai produk digital, dan konsisten mengembangkan potensi tersebut.

Dicontohkan, sosok Jerome Pouline, mahasiswa yang mendapatkan beasiswa kuliah di Jepang jurusan Matematika. Ia kemudian membuat konten vlog sehari-hari di Jepang. Vlognya tersebut disukai  masyarakat Indonesia dan  dari membuat konten video  tersebut ia mendapatkan penghasilan yang cukup besar.

BACA JUGA :  Sebanyak 400 Relawan Pemadam Kebakaran Samarinda Dikukuhkan

Selain itu ada juga dengan cara lain seperti berbisnis di marketplace, merupakan satu platform yang menawarkan produk dan layanan dari banyak penjual dan dapat dibeli secara online.

“Tidak perlu mempunyai tempat berjualan yang strategis bapak ibu sudah bisa memulai bisnis dari sekarang. Tidak perlu berfikir keras untuk promosi karena ada media sosial sebagai tempat promosi kita,” ungkapnya.

Dengan hadirnya program Peningkatan Literasi Digital diharapkan bisa mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif.

Kegiatan ini ditujukan bagi para komunitas yang tidak hanya bertujuan untuk menciptakan Komunitas Cerdas, tetapi juga membantu mempersiapkan sumber daya manusia yang lebih unggul dalam memanfaatkan internet. (Adv)

Facebook Comments Box

Related posts