Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
BERITA UTAMA PENDIDIKAN

Ketua Komisi IV: Informasi Beasiswa Kaltim Diharapkan Sampai ke Pelosok Desa

Akhmed Reza Fachlevi

Kompak.id, Samarinda – Pendaftaran Beasiswa Kaltim Tuntas telah dibuka mulai 20 Februari sampai dengan 30 Maret 2023 mendatang. Pendaftaran secara daring dengan mengakses laman beasiswa.kaltimprov.go.id. Namun begitu, informasi pendaftaran beasiswa diharapkan dapat sampai ke masyarakat secara luas. Hal itu untuk memberikan kesempatan yang sama bagi pelajar dan mahasiswa Kaltim untuk memeroleh bantuan biaya pendidikan.

“Hal itu pernah saya sampaikan kepada pengelola beasiswa Pemprov Kaltim, agar bersurat kepada pemerintah kabupaten dan kota terkait pendaftaran beasiswa. Terutama di wilayah kabupaten yang banyak desa di sana. Agar nanti kepala desanya menyampaikan informasi tersebut ke warganya,” ungkap Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Akhmed Reza Fachlevi kepada media ini, Selasa (21/2/2023).

Dengan menyampaikan informasi secara luas, kata dia, beasiswa akan tersalurkan lebih tepat sasaran. Terutama kepada pelajar yang berada di perdesaan yang selama ini sulit mengakses teknologi internet.

“Karena banyak keluhan yang masuk ke kami, ketika penyerapan aspirasi ada masyarakat yang tidak mengetahui. Maka dari itu kami meminta supaya ini bisa disosialisasikan secara merata kepada seluruh masyarakat,” kata politikus muda Gerindra ini.

BACA JUGA :  Bawa 6 Atlet Terbaik, Catur Kalimantan Timur Tanding di Pra PON 2023

Akhmed Reza juga menyebutkan, selama ini program Beasiswa Kaltim lebih banyak diterima oleh pelajar yang berada di perkotaan. Hal itu disebabkan karena akses informasi dan ketersediaan jaringan internet yang belum merata di perdesaan seperti di Kutai Kartanegara.

“Jaringan internet juga belum merata. Kemudian ada juga keluhan yang masuk mengenai situs pendaftaran kalau banyak yang mengakses sempat gangguan,” kata legislator dari Kutai Kartanegara tersebut.

Tim Badan Pengurus Beasiswa Kaltim Tuntas (BP-BKT) telah membuka pendaftaran beasiswa Kaltim Tuntas tahun anggaran 2023, Senin (20/2/23). Guna menghindari kekeliruan, sebelum mendaftar, pendaftar beasiswa diminta untuk membaca dan memahami dulu petunjuk teknis (juknis) pendaftaran Beasiswa Kaltim Tuntas yang terdapat di laman beasiswa.kaltimprov.go.id.

“Kami sudah terlebih dahulu menerbitkan juknis di laman website sebelum membuka pendaftaran, tujuannya agar pendaftar terlebih dahulu memahami mekanisme pendaftaran,” ungkap Ketua BP-BKT, Iman Hidayat saat jumpa pers pembukaan pendaftaran beasiswa Kaltim Tuntas tahun 2023 di lantai 4 Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Timur, Senin (20/2/23). (*)

Facebook Comments Box

Related posts