Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
ADVERTORIAL DINAS PENDIDIKAN KALTIM

Beasiswa Kaltim Dibuka, Pahami Juknisnya Sebelum Mendaftar

Iman Hidayat saat jumpa pers pembukaan pendaftaran beasiswa Kaltim Tuntas tahun 2023 di lantai 4 Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Timur, Senin (20/2/23).

Kompak.id, Samarinda – Pendaftaran Beasiswa Kaltim Tuntas telah dibuka mulai 20 Februari sampai dengan 30 Maret 2023 mendatang. Guna menghindari kekeliruan, sebelum mendaftar, pendaftar beasiswa diminta untuk membaca dan memahami dulu petunjuk teknis (juknis) pendaftaran Beasiswa Kaltim Tuntas yang terdapat di laman beasiswa.kaltimprov.go.id.

“Kami sudah terlebih dahulu menerbitkan juknis di laman website sebelum membuka pendaftaran, tujuannya agar pendaftar terlebih dahulu memahami mekanisme pendaftaran,” ungkap Ketua Tim Badan Pengurus Beasiswa Kaltim Tuntas (BP-BKT), Iman Hidayat saat jumpa pers pembukaan pendaftaran beasiswa Kaltim Tuntas tahun 2023 di lantai 4 Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Timur, Senin (20/2/23).

Iman melanjutkan, Beasiswa Kaltim Tuntas terdiri dari dua kategori, yaitu mahasiswa dan siswa tingkat SD/MI hingga SMK/SMA/MAN terdapat Beasiswa Kaltim stimulan dan tuntas. Kemudian Beasiswa Kaltim Tuntas untuk mahasiswa dengan kategori prestasi akademik dan non akademik melalui mekanisme skoring Indeks Prestasi Komulatif (IPK) dan nilai raport.

“Adapun 2 kategori tersebut kemudian dibagi lagi menjadi beberapa kategori,”  ujar Iman.

BACA JUGA :  DKP3A Kaltim Rilis Data Penyandang Disabilitas Fisik di Kaltim

Kategori itu, yakni kategori khusus untuk mahasiswa dan siswa ekonomi rendah (miskin), kategori anak berkebutuhan khusus (ABK), kategori daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal), kategori anak dan cucu veteran, kategori penghafal Al-Qur’an (hafidz), kategori anak korban KDRT, dan kategori kejadian khusus yang masing-masing wajib menyertakan surat keterangan dari dinas terkait.

“Misalnya beasiswa yang diberikan pada anak korban KDRT harus menyertakan surat keterangan kasus KDRT dari Dinas Pemberdayaan Anak maupun kepolisian,” katanya menjelaskan.

Meski telah pendaftaran telah dibuka sejak 20 Februari, Iman Hidayat menyebutkan, pendaftaran beasiswa untuk siswa setingkat SD, SMP dan SMA/SMK baru akan dimulai pada 1 Maret sampai dengan 30 Maret 2023.

“Sedangkan siswa akan dibuka sejak 1 hingga 30 Maret melalui dana APBD sejumlah 375 miliar,” katanya menambahkan. (Adv/Ria)

Related posts