Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
DPRD SAMARINDA

Ketua Komisi IV DPRD Samarinda Minta Pemkot Lakukan Sosialisasi hingga Penanganan Virus Rabies dan Sediakan Vaksin

Kompak.id, Samarinda – Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Sri Puji Astuti menegaskan pentingnya distribusi vaksin rabies secara merata ke seluruh puskesmas yang ada di Samarinda.

Menurutnya, penyebaran rabies tidak hanya terjadi dari anjing liar saja, tetapi bisa jadi telah menjangkit anjing peliharaan di rumah, sebab itu untuk mengatisipasi dan melindungi warga dan hewan peliharaan di rumah, terutama anjing yang akan terjangkit pada hewan peliharaan.

Dia menjelaskan, bahwa sebaiknya untuk saat ini harus dilakukannya sosialiasi yang lebih intens terhadap masyarakat yang memiliki anjing-anjing peliharaan yang ada dirumah, karena kebanyakan dari masyarakat mengira bahwa penyebaran virus rabies ini hanya datang dari anjing liar saja.

“Sebenarnya rabies itu sudah ada masuk ke Samarinda, tapi untuk ketersediaan vaksin belum menyebar ke seluruh puskesmas yang tersedia,” katannya. Rabu (12/04/2023).

Politikus Demokrat itu, mendorong pemerintah untuk lebih fokus mendata masyarakat yang memiliki anjing peliharaan melalui RT di daerah masing-masing, nantinya dari data tersebut dapat dilihat dari daerah mana saja yang banyak tersebar virus rabies lalu fokus untuk penanganannya.

BACA JUGA :  Ganggu Akses Warga, Novan Minta Tiang Listrik PLN di Jalan Antasari Segera Dicabut

“Harus dilakukan sosialiasi dan pengolahan data per RT, sehingga kita tau dari daerah mana virus rabies tersebar,” tambahnya.

Saat ini, kata Puji, memang pemerintah sudah mempersiapkan tenaga medis yang memadai bahkan mempersiapkan anggaran untuk kebutuhan vaksinasi rabies di Samarinda.

“Hanya saja memang kita belum terfokus untuk penyebaran vaksinasi secara merata di Samarinda,” tukasnya.

“Tentunya, permasalahan kita hanya ada di penyebaran vaksin saja, untuk hal yang lain seperti anggaran dan tenaga medis kita sudah memadai,” ujarnya.

Dirinya menghimbau agar seluruh masyarakat tetap waspada terhadap anjing peliharaan yang ada di rumah, secara rutin memperhatikan ciri-ciri penyakit yang ada hingga memperhatikan sumber makanan berasal.(Adv)

Related posts