Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
ADVERTORIAL DISPORA KALTIM

Kaltim Provinsi Pertama Gelar Jambore Pemuda

Kompak.id, TenggarongJambore Pemuda Daerah (JPD) tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) kembali terlaksana dengan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi tuan rumah dalam pelaksanaannya. Kegiatan yang mengakomodir bakat dan kreativitas pemuda itu berlangsung di Komplek Stadion Aji Imbut, Tenggarong Seberang selama lima hari, 31 Oktober – 4 November 2022. Dengan mengambil tema Mewujudkan Kreativitas, Majulah Pemuda.

Gubernur Kaltim, Isran Noor diwakili  Staf Ahli Bidang III Sumber Daya Alam, Perekonomian Daerah dan Kesejahteraan Rakyat, Christianus Benny, JPD hadir sebagai wadah silaturrahmi duta-duta pemuda dari seluruh Kabupaten dan Kota se-Kaltim.

“JPD juga sebagai upaya bersama meningkatkan wawasan kebangsaan, kesadaran dan rasa cinta tanah air, serta memahami beraneka ragam kekayaan seni budaya di Indonesia, Kaltim khususnya,” ucapnya dalam pembukaan kegiatan tersebut, Selasa (1/11/2022).

Ditemui terpisah, Kepala Dispora Kaltim, Agus Tianur menjelaskan Kalimanan Timur merupakan provinsi pertama di tanah air yang menggelar JPD.

“Dulu hanya ada Jambore Pemuda Indonesia (JPI), kisaran tahun 2013 Kaltim berinisiatif menggelar JPD untuk pertamakalinya. Dan saat itu Kemenpora mengakui Kaltim sebagai yang pertama di tanah air yang melakukan seleksi duta pemuda secara berjenjang,” jelasnya.

BACA JUGA :  Polres Kukar Gelar FGD Penanggulangan Bencana di Maluhu, Ini Harapan Lurah dan LPM

Hasilnya, Duta Pemuda Kaltim selalu menjadi bagian yang tebaik di berbagai agenda kegiatan JPI, bahkan beberapa kali keluar sebagai juara umum.

“Kita akan terus mendorong pemuda-pemuda Benua Etam menjadi yang terdepan, baim dari sisi kreativitas, bakat, keahlian, dan lain sebagainya. Saya yakin kok pemuda kita mampu, apalagi pemuda Kaltim adalah masa depan Indonesia dengan hadirnya IKN,” yakin pria yang pernah menjabat sebagai Kabid Pemberdayaaan Pemuda itu.

Tahun ini, 100 perwakilan yang berasal dari 10 Kabupaten dan Kota se Kaltim menjadi peserta, setelah 2 tahun JPD sempat dilaksanakan secara daring akibat pandemi Covid-19.  (ADV/DISPORA KALTIM)

Facebook Comments Box

Related posts