Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
EKONOMI DAN BISNIS SEPUTAR KALTIM

Dua Pertashop di Resmikan PT MMP Kaltim  

Kompak.id, Tenggarong – Ingin punya usaha Pertashop tetapi tidak punya modal,  PT Migas Mandiri Pratama (MMP) Kaltim berikan solusinya, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Provinsi Kaltim ini membuka peluang kerjasama dengan masyarakat, bagi yang mempunyai lahan dengan bukti kepemilkan sudah bersertifikat bisa bermitra.

Seperti dua Pertashop yang diresmikan  PT Migas Mandiri Pratama (MMP) Kaltim.

di Desa Kerta Buana, Tenggarong Seberang dan di Samarinda pada Rabu (11/1/2023).

“Kita terbuka bekerjasama dengan masyarakat, silakan ajukan proposal. MMP bermitra dengan pemilik lahan, karena MMP tidak punya lahan untuk mendirikan Pertashop,” kata Direktur Utama PT Migas Mandiri Pratama (MMP) Kaltim, Edy Kurniawan.

Menurut Edy, MMP Kaltim ingin punya banyak Pertashop, tapi karena tak punya lahan, maka mencari mitra, masyarakat yang punya lahan dan inin juga punya usaha Pertashop.

“Dua unit Pertashop yang dioperasikan ini, juga bekerjasama dengan masyarakat. Kerja sama bagi hasil dengan sistem BOT (Build Operation Transfer). Setelah investasi MMP ditambah sejumlah keuntungan sudah kembali, Pertashop jadi milik warga,” sebutnya

BACA JUGA :  Kadin UMKM Menjadi Sarana Sinergi Sesama Pengusaha di Daerah

Tahun 2022, lajutnya Edy, sebetulnya ada 22 titik yang dimohonkan MMP ke Pertamina untuk lokasi Pertashop, tapi hanya di dua titik dikabulkan, sedangkan 22 titik ditolak karena tidak memenuhi persyaratan teknis dan ekonomis setelah disurvei Pertamina.

Untuk tahun 2023 ini, PT MMP terus merencanakan membangun Pertashop lebih banyak lagi. Kerja sama yang sudah dijajaki adalah bekerjasama dengan Korem 091/ASN, dimana dalam prakteknya nanti, Pertashop didirikan di lahan-lahan Koramil-Koramil yang ada di Kaltim.

“Koramil rata-rata punya lahan di pinggir jalan, cocok untuk Pertashop,” pungkasnya. (Oe)

Facebook Comments Box

Related posts