Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
BERITA UTAMA OLAH RAGA

Disambangi Ketua Komisi IV, Taufany Cerita Dipanggil Timnas U22

Muhammad Taufany Muslihuddin dengan medali emasnya berfoto bersama Akhmed Reza Fachlevi

Kompak.id, Tenggarong – Menjadi bagian dari squad Garuda merupakan keinginan dari seluruh pemain sepak bola di tanah air. Mengawali karir profesionalnya di Mitra Kukar sejak 2021 yang kemudian beralih ke Borneo FC, Muhammad Taufany Muslihuddin pemuda asal Tenggarong, Kutai Kartanegara akhirnya dipercaya Indra Sjafri menjadi gelandang timnas Indonesia U22 pada Sea Games 2023 di Kamboja. Bersama dua pemain lainnya di Borneo FC, Taufany memperkuat timnas. Pilihan Indra Sjafri tepat, gol Taufany di menit-menit akhir saat berlaga kontra Vietnam menjadi penentu nasib timnas pada Sea Games 2023.

Tidak lebih dari dua bulan persiapan bersama timnas U22, Taufany mengaku senang. Tidak ada persoalan dirinya untuk beradaptasi dengan pola latihan dan bermain ala Indra Sjafri. Bahkan dukungan dari pemain senior terus mengalir kepadanya.

“Teman-teman banyak support, dua bulan latihan di timnas saling dukung dari pelatih dan teman-teman yang lain. Pemain senior juga dukung ada Rizki Ridho, Witan dan teman-teman lainnya yang sebelumnya sudah bermain di timnas,” ungkap Taufany yang ditemuai di rumahnya, Mangkurawang, Tengarong, Kutai Kartanegara, Minggu (21/5/2023).

Taufany tidak lupa berterima kasih kepada Borneo FC dan PSSI yang memberikan kesempatan mengikuti seleksi squad Garuda U22.

“Borneo kasih kesempatan saya bermain dan tim PSSI melihat saya dan memberikan kesempatan untuk seleksi untuk Komang, Fajar dan saya, semuanya lolos,” sebut Taufany yang tercatat sebagai mahasiswa Pendidikan Olahraga Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT).

Terkait dengan upaya pemerintah melalui PSSI dalam menciptakan pemain-pemain berkualitas untuk timnas, Taufany sependapat jika upaya tersebut dimulai dari digalakkannya kompetisi di tingkat grassroot. Sejauh ini, kata dia, PSSI cukup berhasil. Sehingga menurutnya dengan raihan medali emas dari cabor sepak bola pada Sea Games 2023 ini, menjadi momentum untuk kemajuan sepak bola Indonesia.

“Karena di kelompok usia muda itu bisa berproses dari elit pro U19 sampai senior liga 1. Mungkin di Sea Games awal kebangkitan sepak bola, ke depannya bisa lebih berprestasi,” katanya.

Usai mampu memperkuat timnas U22, anak dari pasangan Zukran dan Maya Sari tersebut akan bertolak ke Jakarta pada 24 Mei, bergabung dengan seluruh pemain U22 untuk bertemu Presiden Joko Widodo. Pemuda yang biasa disapa Opan inipun bercita-cita dapat berlaga bersama timnas senior juga berprestasi di klubnya.

BACA JUGA :  Sambut Tahun Baru Islam, KKN UINSI Samarinda di Desa Rintik Gelar Pawai Obor 

“Harapan saya bisa lebih baik lagi dan berprestasi di timnas dan klub,” ujar Opan.

Meski begitu, ia tidak menampik bila ada tawaran menjadi aparatur sipil negara (ASN), selain juga ingin membuka usaha mandiri.

“Saya berharap kalau bisa diangkat sebagai pegawai kalau ada kesempatan. Maunya juga usaha sendiri bikin coffee shop atau melanjutkan usaha orang tua,” sebutnya lagi.

Disambangi Ketua Komisi IV DPRD Kaltim

Sejak Muhammad Taufany Muslihuddin kembali ke Tenggarong pada Sabtu (20/5/2023) lalu, rumahnya tak pernah sepi dari kehadiran tamu dan teman-temannya bahkan masyarakat Tenggarong yang membanggakannya. Pun saat Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Akhmed Reza Fachlevi menyambangi kediamannya di Jalan Kejawi Permai, Kelurahan Mangkurawang, Tenggarong. Sejumlah anak-anak tak henti-hentinya berfoto bersama Taufany secara bergantian. Kehadiran Ketua Komisi IV yang di antaranya membidangi olahraga tersebut disambut langsung Taufany dan ayahnya, Zukran. Ketiganya kemudian terlibat obrolan santai.

Reza menyampaikan dukungannya kepada para atlet dari Kaltim yang bertanding pada Sea Games 2023 di Kamboja. Bahkan dirinya bersama KONI Kaltim datang langsung ke Pnom Penh untuk memotivasi para atlet Kaltim.

“Kami juga nonton langsung sepak bola saat melawan tuan rumah Kamboja. Sayangnya kita tidak ketemu,” ungkap Reza sambil menunjukkan foto-foto saat berada di gelangang Sea Games Kamboja.

Politikus muda Gerindra itu mengaku bangga dengan atlet-atlet Kukar yang mampu meraih medali emas dan perunggu pada Sea Games 2023 tersebut. Menurutnya para atlet ini telah membawa nama baik daerahnya seperti Muhammad Taufany Muslihudin, atlet Hockey Indor Ardam dan Jery Effendi, serta atlet gulat puteri perseorangan Annisa Safitri.

“Saya berharap akan lahir secara terus menerus atlet-atlet berprestasi dari Kukar. Tentu ini untuk kemajuan dunia olagraga di Kukar dan Indonesia. Saya berharap Taufany juga dapat bermain di timnas senior. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih sekaligus selamat kepada Taufany dan keluarga atas perjuangannya,” papar Reza. (*)

Related posts