Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
ADVERTORIAL DINAS PENDIDIKAN KALTIM PENDIDIKAN

Buruan Daftar, Beasiswa Kaltim Tuntas 2022 Resmi di Buka

Kompak.id, Samarinda – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) secara resmi membuka penerimaan Beasiswa Kaltim Tuntas (BKT) tahun ajaran 2022. Selasa 22 Maret hingga 21 Mei 2022 mendatang.

Program unggulan Isran-Hadi ini telah meluluskan banyak mahasiswa melalui program BKT ini. Pemprov Kaltim kembali mengelontorkan dana senilai 156,4 miliar dari APBD 2022 diperuntukan bagi pelajar dan mahasiswa.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kaltim, Sofia Rahmi mengatakan, dengan di bukanya pendaftaran BKT ini upaya pemerintah meringankan biaya pendidikan bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Kaltim yang berdaya saing. Sehingga jangan lewatkan kesempatan ini untuk mendapatkan beasiswa.

“Manfaatkan kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya, jangan disia-siakan. Kesempatan tidak datang dua kali. Karena itu, sekali ada kesempatan manfaatkan dengan baik,” kata Rahmi, Selasa (22/3/2022).

Sementara itu, Ketua Badan Pengelola BKT, Iman Hidayat menyebutkan jumlah penerima beasiswa diterima akan dihitung sesuai dengan jumlah uang kuliah tunggal UKT) per semester disetiap kampus masing-masing.

“Nanti tim verifikasi dan validasi masih akan menghitung penerima beasiswa disesuaikan dengan besaran uang kuliah tunggal (UKT/SPP) masing-masing calon penerima beasiswa,” ujarnya.

Bagi pelajar dan mahasiswa sebelum melakukan pendaftaran,  sebaiknya terlebih dahulu membaca secara seksama petunjuk teknis (juknis) pendaftaran BKT ini. Sebab banyak calon pendaftar gagal, akibat kurang cermat saat mengisi dan melengkapi form pendaftaran secara online.

BACA JUGA :  Penerima Beasiswa Kaltim Tuntas Tak Harus Mengabdi di Kaltim

“Pahami dulu juknisnya. Jangan salah memilih kategori dan sesuaikan dengan kemampuan,”terangnya.

Dia mengingatkan kepada para calon pendaftar untuk bertindak fair dan jujur dalam proses pendaftaran beasiswa ini. Sebab ada penyempurnaan yang bakal dilakukan pihaknya terutama memperketat administrasi.

Hal itu dilakukan, karena mempelajari sejumlah masalah administrasi yang tidak dilengkapi oleh sejumlah pendaftar hingga akhirnya tidak lolos pemberkasan.

“Untuk proses beasiswa tahun ini, kami akan melakukan beberapa penyempurnaan. Penyempurnaan dilakukan setelah mempelajari hasil evaluasi dan monitoring tahun-tahun sebelumnya,” sebutnya

Imam menyebutkan tahun lalu pihaknya menemukan beberapa kasus pemalsuan yang akhirnya akan merugikan para pendaftar.

“Jangan coba memalsukan data kependudukan, karena kami sudah bekerjasama dengan Disdukcapil. Begitu juga dengan hasil IPK, tim kami juga tahu,” tegas Iman.

Dia menambahkan, bahwa tahun lalu pihaknya menemukan sejumlah permasalahan administrasi yang sepela saat mendaftar misal soal penggunaan materai.

Diketahui, program BKT ini diperuntukan bagi pelajar dan mahasiswa mulai pendidikan sekolah SD/setingkatnya, SMP/setingkatnya, SMA/setingkatnya dan perguruan tinggi.

 

Untuk diketahui, Pendaftaran BKT tahun ini dibuka mulai 22 Maret hingga 21 Mei 2022. Para pelajar dan mahasiswa bisa mengakses pendaftaran dan beragam petunjuk teknis (juknis) program Beasiswa Kalimantan Timur melalui laman www.beasiswa.kaltimprov.go.id. (Nun/Oke)

Facebook Comments Box

Related posts