Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
OLAH RAGA

Akhmed Reza Serahkan SK Kepengurusan Percasi Kutim

Akhmed Reza serahkan SK Kepengurusan Percasi Kutim.

Kompak.id, Samarinda – Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kaltim Akhmed Reza Fachlevi menyerahkan SK pengurus Percasi Kutai Timur periode 2022-2026 di Samarinda, Minggu (30/10/2022).

SK itu diterima langsung Ketua Percasi Kutim Ikhwan Syarif dan sekretarisnya Ahmad Witro. Usai menerima SK, Ketua Percasi Kutim Ikhwan Syarif mengatakan akan menjalankan sejumlah program untuk meningkatkan kemampuan atlet catur di Kutim.

“Sesuai dengan instruksi. Ada pembinaan sesuai arahan Sekum Percasi,” kata Ikhwan usai menerima SK untuk periode keduanya kepada pewarta.

Percasi Kutim yang saat ini tengah membina sejumlah pecatur putra dan putri, telah mengirimkan atlet berprestasinya dalam kejuaraan dunia.

“Beberapa bulan lalu ke Asian Youth di Bali tingkat pelajar dan umum tahun 2022,” sebut Ikhwan.

Ikhwan berharap animo masyarakat terutama untuk pembinaan atlet terus meningkat pada tahun-tahun mendatang.

“Di Kutim peminatnya luar biasa. Karena Percasi Kutim juga membuka sekolah catur yang berjalan sudah empat tahunan,” terang Ikhwan.

Meski begitu, dalam meningkatkan kemampuan para atlet catur di Kutim bukan tanpa aral. Menurut Sekretaris Percasi Kutim Ahmad witro, hambatan itu di antaranya kurangnya jam terbang para atletnya.

BACA JUGA :  Pecaturnya Raih Medali SEA Games, Ketua Percasi Kaltim: Sangat Membanggakan

“Ada kendala, banyak anggaran ke luar negeri. Karena ini penting untuk jam terbang atlet, ” ujarnya.

Selain itu letak geografis Kabupaten Kutim yang saling berjauhan antar kecamatan. Hal ini memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk keberangkatan para atlet saat turnamen.

“Faktor lingkungan atlet, karena terpencil, jauh tidak memungkinkan untuk turnamen,” katanya.

Kendala itu, menurut Ahmad Witro tidak menghalangi untuk tetap menggelar turnamen.

“Ada Percasi Cup, turnamen lokal tingkat pelajar dan umum. Sekarang persiapan porprov,” katanya menambahkan.

Ketua Percasi Kaltim Akhmed Reza Fachlevi berharap semua pengurus Percasi kabupaten dan kota mampu menghasilkan pecatur-pecatur berprestasi.

“Tentunya harus ada pembinaan terutama untuk pecatur-pecatur muda, juga mencari bibit-bibit atlet yang nanti kita persiapkan untuk turnamem nasional dan internasional,” demikian Reza yang juga Ketua Komisi IV DPRD Kaltim dari Fraksi Gerindra. (*)

Facebook Comments Box

Related posts