Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
BERITA UTAMA DISKOMINFO SAMARINDA

Sambut Hangat Duta Besar Kanada, Wali Kota Samarinda Ungkap Siap Bekerjasama di Beberapa Proyek

Kompak.Id, Samarinda – Duta Besar (Dubes) Kanada, Jess Dutton datang dalam rangka kunjungannya ke Indonesia. Kedatangannya disambut hangat oleh Wali Kota Samarinda, Andi Harun di Ruang Rapat Wali Kota Balaikota Samarinda pada Selasa, (10/9/2024).

Kunjungan yang dilakukan selama dua hari menjadi bagian dari rangkaian lawatan Dubes Kanada di Kalimantan Timur untuk membahas sejumlah proyek strategis termasuk rehabilitasi lingkungan dan potensi kerjasama di sektor pengelolaan sampah.

“Kunjungan ini merupakan komitmen Kanada sebagai bentuk dukungan untuk Indonesia dalam menjaga kelestarian lingkungan terutama di Kalimantan Timur,” ucap Jess Dutton.

Jess Dutton juga menyampaikan rencana proyek rehabilitasi mangrove di Kawasan Mahakam yang dijadwalkan mulai pada hari Rabu, 10 September 2024 diharapkan akan memberikan kontribusi signifikan terhadap pelestarian ekosistem mangrove yang sangat penting bagi keseimbanhan ekologi dan mitigbasi perubahan iklim di wilayah pesisir.

Sementara itu Andi Harun menyambut baik inisiatif tersebut sekaligus memanfaatkan kesempatan ini untuk membahas tantangan yang dihadapi Kota Samarinda dalam menanggulangi dan mengelola sampah.

BACA JUGA :  Balikpapan Siap Tuan Rumah Pre Summit III Youth 20

Menurutnya, Kota Samarinda masih bergantung pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dalam mengelola sampah sehingga sangat membutuhkan pola pengelolaan berbasis teknologi yang lebih efisien dan ramah lingkungan.

Lebih lanjut ia menjelaskan kepada Dubes Kanada bahwa pengelolaan sampah di Kota Samarinda ini masih mengutamakan TPA. Ia pun menegaskan bahwa Kota Samarinda memerlukan teknologi pengelolaan sampah berbasis teknologi yang lebih modern.

“Saya sudah jelaskan juga ke Jess Dutton bahwa kita ini butuh teknologi pengelolaan sampah dengan teknologi modern dan berkelanjutan. Kunjungannya ya menjadi kesempatan kita untuk membuka jalur kerjasama,” pungkasnya. (Nsa)

Related posts