Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
BERITA UTAMA DISKOMINFO KALTIM

Lakukan Kunjungan Kerja Ke PT. MHU, Akmal Malik: Langkah PT. MHU Baik Dalam Reklamasi Pascatambang

Kompak.id, Kutai Kartanegara – Penjabat Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Akmal Malik melakukan kunjungan kerja ke area Pascatambang PT. Multi Harapan Utama (MHU) di area Miniranch pertanian Jayatama, yang dikelola oleh PT. Bramasta Sakti, Senin (23/9/2024).

Akmal Malik mengapresiasi upaya PT. MHU yang bertanggungjawab dalam melakukan reklamasi, terlebih cara PT.MHU mengelola area pascatambang mereka tidak hanya berfokus pada pemulihan lingkungan melainkan pemberdayaan masyarakat sekitar.

“Kolaborasi Pemerintah, Perusahaan, masyarakat dan institusi pendidikan adalah langkah nyata menuju keberlanjutan dan kesejahteraan ekonomi,” ungkap Akmal Malik.

Akmal melanjutkan, PT. MHU memberi contoh positif dalam dunia pertambangan dengan konsistensinya mengelola area Pascatambang yang harapannya dapat menjadi contoh bagi perusahaan tambang lain di bumi borneo.

Ia turut menyarankan beberapa varietas tanaman yang kemungkinan besar dapat dikelola oleh PT. MHU dalam area Pascatambangnya mengingat PT. MHU memang memanfaatkan area bekas tambangnya itu menjadi lahan pertanian dan peternakan.

“Contohnya Anggur, anggur itu ternyata justru semakin bagus kalau di tanam di iklim panas, seperti di Asrama Haji Balikpapan,” jelasnya.

BACA JUGA :  Mahasiswa dan Pelajar Soroti Aktivitas Tambang Batubara di Berau

Disisi lain, Direktur PT. MHU, Faiz Firdaus Fauzan mengatakan pihaknya sejak 2013 sudah tidak mengoperasikan tambang lagi di Blok Busang-Jonggon dan hanya fokus pada pengelolaan area Pascatambang.

Diakuinya hal ini merupakan bentuk komitmen PT. MHU dalam mewujudkan program keberlanjutan dan upaya pemberian kesempatan bagi masyarakat untuk mengembangkan usaha baru.

“Kita berikan akses mengelola area dan pelatihan bagi masyarakat seputar pertanian, peternakan dan agrowisata untuk meningkatkan sumber pendapatan,” sebut Faiz.

Ia turut memberi apresiasi kepada Pj. Gubernur Kaltim yang turun langsung memantau pengelolaan area pascatambang oleh pihaknya meskipun berada di tempat yang lumayan jauh dari Ibu Kota Kaltim.

“Apresiasi untuk Pak Pj. Meski cuacanya terik begini, beliau tetap menyambangi,” puji Faiz.

Untuk diketahui, kunjungan kerja ini turut dihadiri Dinas ESDM Kaltim, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim, Dinas Kehutanan Kaltim, Dinas Perkebunan Kaltim, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kaltim, Dinas Lingkungan Hidup Kaltim, dan Dinas Pertanian Kaltim. (Ain)

Related posts