Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
BERITA UTAMA PENDIDIKAN

Mahasiswa Pascasarjana UINSI Samarinda Dalami Mendeley

Mahasiswa Pascasarjana Prodi KPI UINSI Samarinda mengikuti pelatihan Mendeley.

SAMARINDA – Puluhan mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda mengikuti kegiatan Workshop Mendeley untuk Meneliti dan Menulis. Pelatihan ini dibimbing dosen UINSI Samarinda, Dr Muhammad Salehuddin MPd di Ruang Bina Bangsa Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kaltim, Sabtu (22/10/2022) pukul 08.00-10.30 Wita.

Kegiatan ini merupakan inisiatif Muhammad Salehuddin, sebagai salah satu Advisor Mendeley di Indonesia untuk membantu para mahasiswa S2 kampus ini agar semakin mudah menulis karya ilmiah. Sementara untuk tempat difasilitasi mahasiswa Pascasarjana Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI). Kegiatan juga diikuti mahasiswa dari program studi lain.

“Kegiatan ini dilatari niatan untuk mempermudah mahasiswa dalam melakukan pembuatan tesis atau juga penyusunan tesis,” ujar Saleh ketika membuka kegiatan.

Materi yang disampaikan sangat membantu mahasiswa, karena mempermudah pembuatan sitasi  maupun input jurnal ilmiah hingga buku. Mahasiswa dibimbing dari awal membuat akun Mendeley hingga cara menggunakannya dan mengatasi permasalahan yang mungkin ditemui ketika menggunakannya.

“Ini memudahkan kami, karena penyampaian materi disertai dengan praktik langsung, sehingga bisa langsung paham,” ujar Eko Susanto, mahasiswa pascasarjana Program Studi KPI yang mengikuti kegiatan ini. Eko mengaku, telah cukup lama mendengar soal Mendeley, dan kini semakin paham cara menggunakannya.

BACA JUGA :  Mahasiswa UINSI Ikuti Pertemuan Konfederasi Wartawan Asia Tenggara

“Ini jelas sekali, penyampaian mudah dan praktiknya ternyata gampang. Sebab ketika ada kendala, pemateri langsung berinteraksi memberikan solusi. Ternyata jauh lebih mudah dari pada dikerjakan manual. Kalau tahu dari dulu belajar menggunakan Mendeley,” terang mahasiswa semester 3 KPI ini.

Sementara peserta lain, Abdurrahman Amin menyampaikan, hal kurang lebih senada. Bahkan dia mengatakan, workshop ini sangat membantu dalam pembuatan makalah atau tugas-tugas kampus. “Kalau bisa sering-sering pelatihan begini untuk menambah ilmu. Sebab ini masih hal mendasar, sekira diperdalam, masih banyak kegunaan Mendeley lainnya,” harapnya.

Apresiasi juga datang dari Ketua Prodi Pascasarjana KPI UINSI Samarinda Dr Hj Sy Nurul Syobah MSi, mendorong mahasiswa pasca KPI untuk ikut dalam workshop ini. “Saya mendukung sekali workshop ini, sebab bagus untuk membekali mahasiswa, apalagi yang sudah duduk di semester 3, artinya mereka segera menyusun tesis. Mendeley sangat membantu mereka dalam membuat tesis nantinya,” ucapnya.

Dia berharap, mahasiswa yang ikut serta dalam Workshop Mendeley bisa mendapatkan tambahan pengetahuan dalam penyusunan tesis. “Sekarang memang eranya menggunakan aplikasi, jadi tidak melulu manual lagi,” pungkasnya. (*)

Facebook Comments Box

Related posts