Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
BERITA UTAMA DISPORA KALTIM

Popda Cabang Catur Resmi Dibuka, 24 Percatur Siap Bertanding

Kompak.id, Tanah Paser – Sebanyak 24 atlet catur pelajar dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah  Atas (SMA) mengikuti upacara pembukaan Pekan Olah Raga Daerah (POPDA) XVI Paser untuk cabang olahraga (Cabor) catur di Aula SMPN 2 Paser, Minggu (23/10/2022).

Upacara pembukaan dihadiri Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Paser Muksin, dan Sekretaris Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Abdul Hasan.

“Ada 24 pecatur yang bertending pada Popda Kaltim 2022.  Kegiatann ini sebagai ajang untuk memberikan jam terbang kepada atlet-atlet muda, khususnya pelajar, sebagai upaya pembinaan yang berkesinambungan,” kata Ketua Panitia Popda Catur ke XVI Paser, Hasan

Dia berharap dengan adanya Popda ini nantinya akan melahirkan atlet- atlet muda catur yang bisa menjadi generasi penerus yang berprestasi tidak hanya ditingkat provinsi akan tetapi bisa ditingkat nasional, asia hingga dunia.

“Kegiatan ini juga sebagai program binaan Percasi Kaltim. Dan ada amanah dari Ketum PB Percasi untuk membentuk sebanyak-banyaknya atlet muda sebagai generasi pecatur kita saat ini,” ungkapnya

BACA JUGA :  Wagub Kaltim Tutup PRAPOPNAS Zona IV Kaltim

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Paser Muksin mengatakan cabang olahraga catur diharapkan kepada semua atlet menjunjung tinggi sportivitas dalam bermain, karena sesungguhnya pertandingan ini merekatkan silaturrahmi antar pelajar dan mencari bibit-bibit unggul yang akan dilakukan pembinaan di kabupaten dan kota masing-masing.

“Ada 20 cabang olahraga yang dipertandingan. Seluruh pertandingan sudah berjalan seperti gulat, bola voli, basket, dayung. Dan hari ini juga akan berakhir pertandingan tinju dan bulu tangkis. Kita berharap semua pertandingan bisa berjalan dengan lancar,” pungkasnya

Untuk diketahui, dalam pertandingan catur Popda 2022 ini memperebutkan enam mendali emas ditiga katagori yakni catur bliz atau kilat, catur rapid atau cepat dan catur standar atau klasik.(Oke)

Facebook Comments Box

Related posts