Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
ADVERTORIAL DINAS PENDIDIKAN KALTIM PENDIDIKAN

419 Siswa SMK Bhakti Diwisuda, Sebagian Besar Ingin Bekerja

Kompak.id, Samarinda – Sebanyak 419 pelajar SMK Bhakti Loa Janan Ulu, Kutai Kartanegara diwisuda dan berhak menerima rapor kelulusan di Ballroom Hotel Aston, Samarinda, Sabtu, (28/5/2022).

Akhmad Badwi, Kasi Pendidikan SMK Disdik Wilayah III Kutai Kartanegara menekankan akan pentingnya pengembangan softskill dan karakter yang kuat.

“Jangan cuma mengandalkan hardskill, tapi juga softskill dan karakter. Karena itu yang dibutuhkan dunia kerja nanti. Sepintar dan hebat apapun kita tapi tidak memiliki kedisiplinan dan kesopanan, ya percuma saja,” kata Akhmad Badawi dalam sambutannya dalam wisuda kelas IX dan XII.

Sementara itu, Sofian As-Sauri, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMK Bhakti mengatakan, pasca lulus, sekira 85 persen anak didiknya akan terjun langsung ke dunia kerja. Sedangkan sisanya, meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi. Meski sebagian besar akan memutuskan bekerja, ia menyarankan agar anak didiknya mengoptimalkan mitra kerja sama sekolah seperti Balai Latihan Kerja (BLK).

“Jadi sebelum benar-benar kerja, kami anjurkan untuk ikut pelatihan di BLK dulu. Karena kan harus diketahui dulu kompetensinya di bidang apa, sembari mengasah kembali. Tapi kalau mau langsung kerja juga tidak apa-apa,” ucapnya kepada media ini.

BACA JUGA :  Bridging Training bagi Pembina Kewirausahaan se Kalimantan Timur

SMK yang beada di Jalan Gerbang Dayaku ini kerap dikunjungi perguruan tinggi untuk bersosialisasi. Tujuannya untuk memperkenalkan anak didik terhadap dunia kampus, baik program Strata (S1) maupun Diploma. Meski begitu, Sofian menaruh harapan terbaik kepada anak didiknya terutama terkait masa depan mereka.

“Saya harap setelah di wisuda bisa kreatif, inovatif, disiplin dan jujur untuk masa depan yang bagus,” kata Sofian menambahkan. (Adv/*)

 

Facebook Comments Box

Related posts