Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
PEMKOT SAMARINDA

Wali Kota Samarinda Sebut Juru Ukur Merupakan Profesi Unik dan Langka

Kompak.id, Samarinda  – Wali Kota Samarinda Andi Harun menyebutkan juru ukur merupakan profesi unik dan langka.  “Profesi ini unik, sangat teknis, langka dan dibutuhkan apabila jika dikaitkan dengan kesiapan pembangunan infrastruktur di IKN di Kaltim,” ucap Andi Harun ketika membuka Pelatihan dan Sertifikasi Operator Muda Survei Terestris atau Juru Ukur di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Kota Samarinda, Senin (31/10/2022).

Pelatihan terselenggara berkat kerja sama antara Dinas Tenaga Kerja Kota Samarinda dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah V Banjarmasin ini diikuti 44 orang dan berlangsung selama 6 hari mulai tanggal 31 Oktober 2022 hingga 5 November 2022.

Andi Harun mengatakan sangat tepat pelatihan yang digelar pada hari ini untuk mendukung penyiapan sumber daya manusia atau tenaga kerja yang siap pakai dan memiliki daya saing serta kompetensi untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Tenaga yang memiliki kecerdasan, skill, motivasi dan daya saing serta kemampuan-kemampuan khusus dan memiliki sertifikasi, itulah yang akan dibutuhan dimasa depan,” ujarnya.

BACA JUGA :  Wali Kota Lantik 245 Pejabat di Lingkungan Pemkot

Terbukanya arus informasi menjadi kekuatan yang dapat dimanfaatkan oleh generasi muda di Indonesia termasuk di Kalimantan Timur. Hal ini dimaksudkan untuk memotivasi dan menginspirasi diri dengan melakukan berbagai kegiatan dan aktifitas yang bermanfaat. Salah satunya dalam mengembangkan skill dalam bidang teknis seperti survei teretris.

Menurutnya survei tersebut memiliki ketelitian informasi topograsi yang cenderung tinggi apabila dibandingan dengan teknik survei dan pemetaan lainnya.

Andi Harun mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap pelatihan yang dilakukan dapat memberi ilmu baru sehingga para peserta mampu menjadikan motivasi serta memiliki keahlian dalam mengembangkan minat dan bakat hingga pada akhirnya masuk memiliki SDM yang diikat oleh pasar serta mendukung secara langsung atau tidak langsung dalam pada pelaksanaan visi Pemkot Samarinda yakni sumber daya manusia yang religius unggul dan berbudaya. (Adv)

Facebook Comments Box

Related posts