Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
ADVERTORIAL PERPUSDA KALTIM

Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Sudah di Depan Mata, DPK Kaltim bersama Perpusnas RI Gelar Bimtek SPP TIK

Bimbingan Teknis Strategi Pengembangan Perpustakaan dan TIK di Hotel Swiss Bell Hotel, Minggu (14/5).

Kompak.id, Samarinda-  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim bersama Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI berkolaborasi melakukan upaya penguatan pengembangan perpustakaan dengan menggelar Bimbingan Teknis Strategi Pengembangan Perpustakaan dan TIK, Minggu (14/5).

Berlangsung di Hotel Swiss Bell, Samarinda, agenda dibuka langsung oleh Kepala DPK Kaltim, Muhammad Syafranuddin. Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari tersebut terhitung pada 14 hingga 18 Mei 2023 dalam rangka sosialisasi dan pematangan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TP-BIS). Tak hanya itu, Bimtek yang digelar turut mengedukasi peserta dengan ilmu TIK sebagai upaya peningkatan literasi pada bidang tersebut. Mengingat, kehidupan masyarakat saat ini telah memasuki era digitalisasi.

“TP-BIS dapat memperkuat peran perpustakaan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Bimtek ini juga menjadi sarana peningkatan kreativitas masyarakat dalam memangkas kesenjangan akses informasi,” ucap Muhammad Syafranuddin dalam sambutannya.

Dalam pengukuran kinerja perpustakaan salah satu indikator adalah dengan meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam kegiatan perpustakaan. Melalui bimbingan teknis, peserta  merupakan pengelola program TP-Bis dari masing-masing DPK kabupaten dan kota yang hadir diharapkan dapat memperluas gerakan TP-BIS  serta menciptakan inovasi-inovasi guna menciptakan program keterampilan berbasis literasi bagi masyarakat khususnya Kalimantan Timur.

BACA JUGA :  DPK Kaltim Hadiri Rakornas Perpustakaan

“Saya juga berharap agar bantuan dan fasilitasi yang telah diterima dari Perpusnas melalui Program TP-BIS, seperti bantuan perangkat TIK, pelatihan dan bantuan lainnya agar dapat dimanfaatkan dan didayagunakan seoptimal mungkin,” tutup pria yang akrab disapa Ivan tersebut. (ADV/DPK Kaltim)

Related posts