Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
BERITA UTAMA KESEHATAN

Tiga Bayi Kembar Lahir, Sejarah Baru Di RSUD Panglima Sebaya Paser

Kompak.id,Paser–Sejarah Baru terukir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panglima Sebaya Kabupaten Paser karena Pasutri Darmansyah dan Fitriyani yang beralamat di Desa Damit, Kecamatan Pasir Belengkong, Kabupaten Paser melahirkan tiga bayi kembar (Triplet) dengan selamat.

Tiga bayi kembar dengan berat 1775(Bayi I), 1305 (Bayi II), dan 1535(Bayi III) itu dilahirkan di RSUD Panglima Sebaya pada Rabu (8/3/2023) pukul 09.10, 09.11, dan 09.12 wita.

Triplet itu dilahirkan secara operasi bedah sesar (sectio sesarea) yang dilakukan tim dokter spesialis yang terdiri dari dr. Yuni Sudhiartien, SpOG (Spesialis Kebidanan dan Kandungan), dr. Zulkifli, SpAn (Spesialis Anestesi), dr. Ahmad Hadiwijaya, SpA (Spesialis Anak) beserta tim resusitasi NICU RSUD Panglima Sebaya.

dr.Yuni menyampaikan, bahwa tidak terdapat keadaan yang mempersulit ketika proses operasi karena sudah disiapkan sebelumnya.

“Ibu Fitriyani teratur memeriksakan diri dan bayinya juga telah dilakukan pematangan paru agar bisa lahir bugar dan bernafas dengan baik,” ucapnya.

Sedangkan dr.Hadi yang menangani bayi saat lahir mengatakan, bahwa setelah lahir kondisi ketiga bayi stabil. Namun, harus dilakukan perawatan inkubator dilanjutkan perawatan metode kanguru karena berat badan masing-masing bayi kurang dari 2500 gr (BBLR).

BACA JUGA :  “Keto’atan” Kepala Otorita IKN

“Saat ini kondisi bayi sudah stabil dan boleh pulang. Diharapkan orang tua memeriksakan bayinya secara berkala di RSUDPS, memberikan asi dan mengenali tanda bahaya pada bayi,” jelas dokter spesialis anak itu.

Kelahiran triplet adalah kejadian yang jarang terjadi dan kadang berakibat kelahiran bayi yang tidak stabil. Menurutnya, kelahiran bayi triplet di RSUD Panglima Sebaya ini menunjukkan layanan RSUD Panglima Sebaya  semakin baik dan terintegrasi antara beberapa disiplin ilmu kedoktetan terutama untuk kasus yang jarang dan rumit.

Dengan begitu, RSUD Panglima Sebaya terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Paser seiring dengan peningkatan Kelas B dan akreditasi paripurna. (Muh)

Related posts