Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
DPRD SAMARINDA

Subandi Hadiri Rakornas Adeksi Tahun 2022

Kompak.id, Samarinda – Wakil Ketua DPRD Samarinda, Subandi melakukan rapat koordinasi nasional (Rakornas) I Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (Adeksi) tahun 2022.

Rakornas tersebut pun dirangkaikan dengan seminar dengan tema “DPRD Bermitra dengan Kepala Daerah Sementara: Menakar Efektifitas Kinerja Pemerintah tahun 2022-2024, sebagai Dampak Pilkada Serentak.”

Acara tersebut diselenggarakan di Yogyakarta, berlangsung selama 2 hari mulai dari 14-16 Februari 2022. Subandi mengatakan, bahwa Rakornas tersebut dilakukan sebagai upaya memperkuat koordinasi dalam hal menghadapi jika kepala daerah dimasing-masing kota dijabat oleh kepala daerah sementara pada pemilukada 2024 mendatang.

“Karena DPRD juga sebagai mitra pemerintahan perlu melakukan koordinasi dengan baik bersama kepada daerah jika nanti dijabat oleh pejabat sementara, tentu harus berjalan roda pemerintahannya setiap daerah,” ujar Subandi, Selasa (14/02/2022).

Hal ini dilakukan, unsur pimpinan asal Fraksi PKS itu menyebut, sebagai upaya membangun sinergi untuk menciptakan pemerintah yang baik dan berkualitas dalam melayani masyarakat sekaligus meningkatkan demokrasi lokal yang baik.

“Ini sangat penting sehingga kami melakukan rakornas seluruh pimpinan DPRD kota se-Indonesia untuk menyamakan dan menyatukan persepsi dalam menyelenggarakan lembaga negara atau daerah yang baik dan kuat,” terangnya Subandi.

BACA JUGA :  Soal Jembatan Gang Nibung, Ini Kata Novan

Untuk diketahui, Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia atau disingkat Adeksi adalah wadah kerjasama antar DPRD kota seluruh Indonesia yang didirkan pada 26 Juni 2002 sebagai program desentralisasi otonomi daerah.

Saat ini Adeksi memiliki keanggotaan kurang lebih 90 DPRD Kota seluruh Indonesia. Secara fungsi dibentuknya Adeksi ini memiliki tugas dalam memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan pengembangan kapasitas anggotanya.

Kemudian Adeksi juga kerap melakukan advokasi dan penyediaan layanan informasi dan publikasi dan bekerjasama dengan berbagai pihak dalam negeri maupun luar negeri. (Oke)

Facebook Comments Box

Related posts