Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
ADVERTORIAL DINAS PENDIDIKAN KALTIM PENDIDIKAN

SMKN 15 Samarinda Sediakan 460 Kuota Peserta Didik Baru

SMKN 15 Samarinda

Kompak.id, Samarinda – Penerapan zonasi pada sekolah kejuruan tampaknya berbeda dengan sekolah non kejuruan seperti SMA dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Seperti penerapan bina lingkungan menjadi jalur yang dipriorotaskan oleh SMKN 15 Samarinda di masa PPDB.

Erla Purwaniba, Waka Sekolah Bidang Kesiswaan mengungkapkan, sekolahnya menampung 460 peserta didik baru Tahun ajaran 2022-2023. Untuk itu, ia memperluas jalur bina lingkungan dengan melakukan penambahan jumlah rukun tetangga (RT).

“Tahun kemarin bina lingkungan kita hanya 12 RT saja, sekarang kita lakukan pelebaran sampai ke RT 51. Sudah berkoordinasi dan sosialisasi bersama Kelurahan dan RT. Jadi dari 13 ruang belajar kita menyediakan 460 kuota,” ujarnya saat ditemui media ini, Senin, (20/6/2022).

Erla melanjutkan, teknik geomatika merupakan jurusan unggulan yang dimiliki SMKN 15 Samarinda. Sayangnya, jurusan itu belum mendapatkan banyak minat akibat kurangnya pemahanam dan edukasi kepada pelajar. Kendati demikian, jurusan unggulan sekolah itu kembali menambah satu ruang belajar untuk peserta didik baru.

BACA JUGA :  Sampaikan Wawasan Kebangsaan, Akhmed Reza Hadirkan Badan Kajian Pancasila Unmul

Sementara itu, jurusan teknik kendaraan ringan otomotif (TKRO) menjadi jurusan yang banyak diminati dari 8 jurusan yang ada, yakni administrasi keuangan dan lembaga, bisnis daring dan pemasaran, design grafika, multimedia, teknik komputer dan jaringan, teknik geomatika, dan perkantoran.

Kemudian sosialisasi PPDB secara tatap muka maupun melalui medsos sudah dilakukan SMK yang berlokasi di Jl. Ringroad Kelurahan Lok Bahu Kecamatan Sungai Kunjang. Sehingga Erla mengimbau kepada orang tua maupun anak didik untuk tidak sungkan bertanya selama PPDB berlangsung.

“Semua jurusan sebenarnya favorit, hanya saja yang paling banyak itu TKRO. Bahkan lebih populer dari jurusan unggulan sekolah yaitu teknik geomatri. Maka itu setiap tahun pasti ada kelebihan kuota,” tuturnya.

Selain itu, prestasi akademik dan non akademik juga turut ditorehkan SMKN 15, khususnya keterampilan baris berbaris. Seperti juara Madya 1 LKBB v SMAN 1 Tenggarong, juara harapan 1 lomba PBB Karindangan 2021,juara 1 graphic design technologi, juara utama 3 LKBB SMAN 8 Samarinda dan juara utama 2 LKBB SMKN 1 Tenggarong. (Adv/*)

Facebook Comments Box

Related posts