Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
ADVERTORIAL DINAS PENDIDIKAN KALTIM PENDIDIKAN

SMAN 2 Tenggarong Wakili Kaltim ke Borobudur Student Festival 2022

SMAN 2 Tenggarong Ikuti Perayaan Karya Siswa Mandiri yang dirangkum dalam Perhelatan Borobudur Student Festival tahun 2022 di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (27/6/2022).

Kompak.id, Magelang – SMAN 2 Tenggarong Ikuti Perayaan Karya Siswa Mandiri yang dirangkum dalam Perhelatan Borobudur Student Festival tahun 2022 (BSF 2022), Rabu (27/6/2022). SMAN 2 Tenggarong berhasil lolos seleksi dari proses penyisihan yang diikuti 17 sekolah di Kalimantan Timur yang dilaksanakan dalam program Presisi untuk kemudian menampilkan karya dalam ajang BSF 2022 yang diselenggarakan di Canisius Art Centre dan Balai Konservasi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Borobudur Student Festival (BSF) merupakan program tahunan Perkumpulan Pergerakan Pendidikan Nusantara (Perkumpulan Perdikan) yang bekerjasama dengan Program Presisi yang didukung oleh DIrektorat PPK Ditjen Kebudayaan Kemendikbud RI. Dalam pembukaan BSF 2022 yang digelar setelah Karnaval Nusantara dari Plataran Borobudur menuju Canisio Art Centre di SD Canisio Wanurejo dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, SH., M.IP yang dihadiri oleh peserta Karnaval dari 10 Provinsi se Indonesia dan masyarakat sekitar.

Ganjar Pranowo melakukan tanya jawab kepada peserta karnaval untuk menjalin komunikasi yang baik kepada peserta didik yang hadir dan menegaskan dalam festival jangan terlalu banyak sambutan melainkan perbanyak pertunjukan.

BACA JUGA :  IAI – Balai Besar POM Samarinda Bahas Bisfenol-A

“Festival itu tidak perlu banyak sambutan, perbanyaklah pertunjukan,” tutur Ganjar.

Adapun Program Presisi sendiri merupakan strategi Direktorat Jenderal Kebudayaan dengan mengarusutamakan kebudayaan melalui pendidikan karakter, menterjemahkan paradigma Merdeka Belajar dalam konteks keberagaman seni budaya lokal sebagai sumber belajar dan menguatkan pembiasaan pembelajaran mandiri, dengan tema tahun ini yaitu “Siswa Merdeka – Indonesia Bahagia”.

Dalam acara yang diselenggarakan selama 1 pekan yaitu mulai tanggal 27 Juni hingga 2 Juli tersebut diisi dengan beberapa kegiatan antara lain Peluncuran Buku, Pameran Arsip, Open Lab, Art Collaboratory, Pentas Seni Siswa Merdeka, Lokakarya, Seminar dan Simposium dan ditutup dengan Gelar Budaya Maklumat Borobudur.

Untuk Kalimantan Timur yang diwakili SMAN 2 Tenggarong dalam Pentas Seni Siswa Merdeka membawakan lagu “Home” dan Winarti, M.Pd sebagai guru menjadi narasumber dalam Semiloka dengan tema “Pengalaman Guru dalam Mempraktekkan Pemblajaran yang Memerdekakan. (Adv)

Facebook Comments Box

Related posts