Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
ADVERTORIAL DISPORA KALTIM

Puncak Peringatan HSP ke-94 di IKN Nusantara Lahirkan Sejarah

Kompak.id, Nusantara – Perwakilan pemuda dari provinsi-provinsi yang ada di tanah air menghasilkan manifesto pemuda tepat di Hari Sumpah Pemuda ke-94 yang dipusatkan di titik nol IKN Nusantara. Hal ini menjadi catatan sejarah tersendiri yang akan menjadi bagian dari sumbangsih pemuda bagi tanah air.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya yang disampaikan oleh Menpora Zainuddin Amali, mengatakan bahwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberi pelajaran penting, bagaimana para pemuda bangsa ini mampu mengelola perbedaan karakter primordial, agama, suku dan ras, kultur serta berbagai kepentingan menjadi sebuah kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

“Sejarah menjelaskan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 telah menjadi tonggak sejarah perjuangan kemerdekaan. Peran pemuda dalam mempelopori visi kebangsaan kemudian diikuti berbagai rangkaian pergerakan lainnya hingga Indonesia mencapai proklamasi kemerdekaan,” katanya.

Presiden menambahkan, pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan di masa-masa mendatang. Apa yang dilakukan para pemuda hari ini akan menjadi penentu kemajuan Indonesia di masa yang akan datang.

“Mandat pemuda hari ini adalah menjadikan nilai persatuan di atas segala-galanya. Mandat keragaman adalah anugerah besar yang harus dirangkai menjadi kekuatan luar biasa demi mencapai kejayaan Indonesia,”lanjutnya.

BACA JUGA :  Bridge Piala Gubernur Kaltim Akan Dilanjutkan Tahun Depan

Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting ketangguhan bangsa menuju visi besar Indonesia Maju 2045, tapi juga tulang punggung kejayaan Indonesia sepanjang masa.

“Bermula dari Titik Nol Ibu Kota Nusantara, kami mengajak seluruh elemen bangsa menguatkan semangat bergerak, mendorong pemuda dengan segala kompetensinya untuk mencapai kejayaan bangsa,” tutup Menpora Zainudin Amali, meneruskan seruan Presiden Joko Widodo.

Gubernur Kaltim Isran Noor mengaku bangga dimana untuk pertamakalinya kegiatan kebangsaan tingkat nasional dilaksanakan di IKN Nusantara.

“Pemuda selalu terdepan, hari ini pemuda menjadi yang pertama melakukan kegiatan kebangsaan nasional di titik nol IKN Nusantara. Terimakasih Menpora telah berinisiatif melaksanakan puncak peringatan Sumpah Pemuda di sini,” ucap Gubernur Isran.

Pada kesempatan itu, Isran Noor mendapat penghargaan sebagai Tokoh Penggerak Kepeloporan Pemuda.

“Penghargaan diberikan atas keberhasilan dan komimten Bapak Gubernur melahirkan Pemuda Pelopor Nasional selama tiga tahun berturut-turut,” kata Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora, Asrorun Ni’am Sholeh.

Disamping Gubernur, sejumlah pemuda juga memperoleh penghargaan dari Kemenpora, salahsatunya Hamzah Al Fauzi, yang menjadi juara pertama Pemuda Pelopor Bidang Pangan. (ADV)

Facebook Comments Box

Related posts