Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
ADVERTORIAL DISPORA KALTIM

Kreativitas dan Inovasi Kunci Hadapi Masa Depan

Kepala Dispora Kaltim Agus Tianur dihadapan ratusan pemuda Balikpapan dalam kegiatan pelatihan keterampilan dan kemandirian bagi pemuda, Rabu (19/10/2022).

Kompak.id, Balikpapan – Pemuda yang mau berkreasi dan berinovasi menghasilkan karya yang bernilai ekonomis menjadi kunci bagi perputaran ekonomi, dimana sebagaimana diketahui bersama bahwa keadaan ekonomi dunia dalam dua tahun terakhir mengalami perlambatan.

Hal ini tak dipungkiri adanya pandemi Covid-19 yang membuat sejumlah negara harus memberlakukan kebijakan lockdown atau pembatasan beraktifitas dalam upaya bersama meminimmalisir penyebaran Covid-19.

“Namun, kiita semua telah belajar, bahwa keterbatasan justru telah melahirkan ratusan ribu kreativitas. Berapa banyak aplikasi yang lahir dan mengangkat perekonomian. Ini membuktikan bahwa dengan berinovasi dan berkreasi maka anada akan dapat membantu perputaran perekonomian,” ujar Kepala Dinas Pemuda dan olahraga Provinsi kaltim, Agus Tianur dihadapan ratusan pemuda Balikpapan dalam kegiatan pelatihan keterampilan dan kemandirian bagi pemuda, Rabu (19/10/2022).

Dirinya mendorong kedua hal tersebut untuk dimiliki pemuda Balikpapan, apalgi mengingat Kota Minyak menjadi daerah penyanggah utama Ibu Kota  Negara (IKN) baru.

“Kehadiran IKN hendaknya menjadi pendorong kita semua untuk lebih bersemangat menjadi bagian dari pembangunan. Pemuda Balikpapan harus ada dan hadir dengan karyanya, dengan kreatifitasnya, dengan inovasinya. Ingat peluag kalian itu besar dengan kedekatan geografis dari lokasi IKN nusantara,” pesannya.

BACA JUGA :  SMAN 2 Balikpapan dan Kemenag Evaluasi Ujian PAI

Sebagaimana tema yang diberikan kepada Kadispora yakni Peluang usaha bagi Wirausaha Muda menyambut IKN, Agus Tianur mengatakan bahwa  generasi milenial atau pemuda saat ini didukung dengan kemajuan tekhnologi, sehingga sangat mungkin untuk memiliki andil besar dalam memajukan perekonomian.

“Caranya, ya dengan mengembangkan, memanfaatkan dan merealisasikan ide-ide kreatif kalian. Tidak susah, tekhnologi sudah sangat mudah didapat, mau dimana saja, kapan saja, asal ada kemauan dan keinginan,” ucapnya.

Sebagai pemuda, penerus bangsa, Agus mengatakan mereka memiliki peluang besar dalam memajukan dan meningkatkan perekonomian yaitu melalui industri kreatif yang memanfaatkan keterampilan atau skill, kekreativitasan, dan bakat yang dimiliki.

Selain Agus, hadir pula sejumlah narasumber lain diantaranya Asdep Kewirausahaan Pemuda Kemenpora, Imam Gunawan, Universitas Mulia Balikpapan, Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) Balikpapan, serta Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Balikpapan, dr C I Ratih Kusuma W. (ADV)

Facebook Comments Box

Related posts