Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
ADVERTORIAL PERPUSDA KALTIM

Kepala DPK Kaltim Bantu Tingkat Literasi Sekolah

Muhammad Syafranuddin

Kompak.id, Samarinda – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kalimantan Timur (Kaltim), Muhammad Syafranuddin tanggapi perihal keluhan sekolah terkait tingkat literasi yang rendah dan gedung perpustakaan yang kurang memadai.

“Kalau terkait literasi kami bisa intervensi yang penting ada suratnya, tapi kalau tempat, tergantung kepala sekolahnya, bagaimana dia mau peduli dengan perpustakaan itu atau bagaimana,” ungkap Syafranuddin saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (17/05/2023).

Ivan sapaan akrabnya mengatakan, DPK tidak bisa masuk ke ranah infrastruktur karena keterbatasan dana yang dimiliki, DPK hanya bisa bantu ditahap literasi dan pengembangan SDM.

“Tapi kalau untuk bantuan buku, kita masih bisa bantu seperti dalam hal literasi tadi yang saya maksud,” kata Ivan.

Pria murah senyum itu menambahkan selain buku paket, pihak Perpustakaan sekolah seyogyanya juga memperbanyak koleksi buku penunjang agar literasi siswa bisa terpacu.

“Mohon maaf aja, kami lihat di beberapa kali peninjauan, kebanyakan sekolah itu literasinya buku ajar yakni buku paket yang banyak, sementara buku penunjangnya tidak, seharusnya bisa diadakan lagi,” jelas Ivan.

BACA JUGA :  SMAN 6 Samarinda Ajukan Tambahan Kuota untuk Luar Zonasi

“Disisihkan sekitar 2 atau 10 persen dari dana Bos mungkin cukup, karena itu juga untuk kepentingan pendidikan, jadi jangan hanya buku paket aja tapi buku tentang ilmu pengetahuan lain juga diperlukan anak-anak,” lanjutnya.

Lebih lanjut perihal infrastruktur, Ivan menyebut DPK Kaltim akan membantu komunikasi ke pihak atas terkait tempat, dan untuk ranah SMA sederajat bisa dibantu sampaikan dalam rapat agar mohon diperhatikan.

“Kalau sekolahnya mau bikin usulan kita bisa back-up, semisal perpustakaan digital kan kita bisa bilang perlunya ini dan ini, kayak buncu baca etam ini kan harganya 100 jutaan kan bisa didukung, artinya kami bisa bantu rekomendasikan juga,” pungkasnya. (Ain/ADV/DPK KALTIM)

Related posts